Makin Kekinian, Kegiatan Peserta Makin Mudah Melalui Aplikasi Mobile JKN

  • Whatsapp
Makin Kekinian, Kegiatan Peserta Makin Mudah Melalui Aplikasi Mobile JKN
Narasumber : M. Kasim Katibi (Kepala Puskesmas Ponrang Selatan)

Palopo, Upeks.co.id – Zaman makin mudah, semua terasa cepat dengan adanya teknologi. Rasanya tak lengkap jika Program JKN-KIS tidak membuka diri terhadap teknologi. Semua itu terjawab pada aplikasi Mobile JKN, yang begitu mudah dapat diunduh pada Playstore untuk pengguna android ataupun App store untuk pengguna Ios.

Mobile JKN sudah merangkum segala macam kebutuhan peserta, tak perlu lagi berkunjung BPJS Kesehatan semua informasi sudah peserta dapatkan disana. Contohnya melihat iuran peserta, mengubah fasilitas kesehatan, mengubah data diri yang lain serta yang paling penting peserta sudah bisa melihat ketersediaan tempat tidur jadi tidak ada lagi istilah pasien ditolak karena tidak adanya kamar atau tempat tidur. Sistem sudah semakin transparan dan pasien sendiri bisa melihat serta mengontrolnya sendiri.

Bacaan Lainnya

Satu lagi fitur yang sangat bermanfaat bagi peserta yaitu antrean online, tidak ada lagi namanya antrean yang mengular, tidak ada waktu peserta yang terbuang banyak karena menunggu untuk dilayani. Fasilitas kesehatan baik tingkat pertama ataupun lanjutan sudah memulai perlahan untuk menerapkan antrean online. Di Luwu, Puskesmas yang sudah menerapkan antrean online adalah Puskesmas Ponrang Selatan.

“Kami sangat mengapresiasi inovasi yang telah dikembangan oleh BPJS Kesehatan terhadap Program JKN-KIS ini, selain memperhatikan kebutuhan mitranya di sisi lain juga memperhatikan kebutuhan pesertanya. Adapun kendala yang ada di lapangan, seperti jaringan internet yang tidak stabil tetap kami upayakan dengan berkoordinasi tentunya dengan BPJS Kesehatan. Kalau untuk kebutuhan peserta, BPJS Kesehatan sangat sigap yah, cepat begitu responnya,” jelas Kepala Puskesmas Ponrang Selatan, M. Kasim Katibi saat berbincang dengan Tim Jamkesnews, Kamis (12/03).

Sebagai mitra dan peserta, Kasim mengatakan sangat senang dengan kehadiran aplikasi Mobile JKN. Menurutnya aplikasi ini sangat membantu, lebih ringkas rasanya. Dalam satu genggaman sudah melakukan banyak hal. Tidak perlu membuang waktu ke kantor BPJS Kesehatan untuk sekedar cek tagihan atau perubahan data. Bahkan yang lebih “wah” lagi peserta bisa melihat dan memilih tempat tidur di Rumah Sakit yang bekerja sama tapi sesuai dengan kelas rawat dan pastinya tersedia pada aplikasi Mobile JKN.

“Harapan saya, mari bergandeng tangan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat kita. Agar Program JKN-KIS bisa terus berjalan, sosialisasi makin digencarkan. Kita harus semangat, karena kita semualah yang mengelola program ini semua penting dan semua terlibat,” tutup Kasim. (Jamkesnews)

Pos terkait