ANEKA

Disnakbun Gowa Cek Kesehatan Hewan kurban

Disnakbun Gowa Cek Kesehatan Hewan kurban

GOWA, UPEKS.co.id—Untuk memastikan kesehatan hewan kurban sebelum disembelih pada hari Raya Idul Adha  1441 Hijiriah nanti, Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa terlebih dahulu melakukan pemeriksaan  kesehatan hewan.

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa, Suhriati mengatakan ditengah pandemi ini  masyarakat yang ingin berkurban harus memperhatikan kelayakan dari hewan tersebut.

Pihaknya mengimbau  masyarakat tidak membeli hewan kurban tanpa surat keterangan kesehatan dari dinas peternakan.

“Masyarakat yang ingin berkurban harus perhatikan tiga syarat khusus yaitu harus ada surat keterangan sehat,  fisik hewan sehat dengan ciri-ciri mata cerah, hidung terlihat basah dan cara berdirinya harus kokoh serta hewan  harus cukup umur,” ungkapnya di sela-sela pemeriksaan kesehatan hewan kurban, disalah satu peternak Sapi,  Kamis (23/7/2020) Pagi.

Tak hanya itu, untuk proses penyembelihan hingga pembagian daging kata Suhriati masyarakat wajib menerapkan  protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak minimal 1,5 meter, tidak berkerumun, dan rajin cuci  tangan.

“Kami terus berupaya memberikan edukasi masyarakat bahwa ketika melakukan idul kurban tetap harus  perhatikan protokol kesehatan yang terpenting tidak berkerumun saat membagikan daging kurban ke  masyarakat,” jelasnya.

Kendati demikian, meskipun perayaan Idul Adha ini cukup berbeda, namun untuk stok hewan kurban di Kabupaten  Gowa dipastikan akan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pasalnya untuk stok sapi terjadi peningkatan sebanyak 6.112 ekor dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 5000 ekor, sedangkan kambing sebanyak 572  ekor.

Sementara itu salah satu peternak Sapi kurban Rahman, mengaku merasakan daya beli masyarakat hewan  kurban berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Tahun ini pembelinya kurang, tidak seperti tahun lalu. Sampai hari ini sapi kurban yang terjual itu baru 100 ekor. Tahun lalu, seminggu sebelum lebaran sudah terjual 300 ekor Sapi Kurban. Namun kami masih menunggu  pembeli sampai hari Minggu nanti,”ucapnya. (Sofyan).

#TRENDING

To Top