Sekda Selayar Buka Rembuk Stunting Tahun 2020 Secara Virtual

  • Whatsapp
Sekda Selayar Buka Rembuk Stunting Tahun 2020 Secara Virtual

Sekda Selayar Buka Rembuk Stunting Tahun 2020 Secara Virtual

SELAYAR.UPEKS.co.id — Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Dr. H. Marjani Sultan, M.Si., buka
acara Rembuk Stanting 2020 dalam rangka Integrasi Program dan Kegiatan Terkait Stunting ke dalam Rencana
Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2021 Kabupaten Kepulauan Selayar secara virtual di ruang kerja Sekda, Selasa  (9/6/2020).

Bacaan Lainnya

Turut bergabung dalam virtual tersebut adalah Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar, Ketua Tim Penggerak  PKK, para kepala OPD, Kepala Kantor Kementerian Agama, tim INEY Region Sulawesi dan Maluku, tim Fasilitator  dan Pendamping Program Pencegahan Stunting, para Kabag Setda, para lurah, para kepala desa, dan tokoh  masyarakat dan tokoh agama.

Dalam sambutannya, Marjani Sultan menyampaikan bahwa Rembuk Stunting ini mempunyai arti penting.

“Rembuk Stanting ini mempunyai arti penting sebab melalui forum ini seluruh pemangku kepentingan dapat  melakukan penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi usulan program/kegiatan percepatan penurunan dan  pencegahan Stunting di Kabupaten Kepulauan Selayar sehingga tercapai kesepakatan multistakeholder yang
akan diintegrasikan ke dalam rancangan RKPD Kabupaten Kepulauan Selayar,” papar Marjani Sultan.

Lebih lanjut Marjani Sultan menerangkan bahwa dalam tahun 2020 ini, pemerintah melalui Menteri Perencanaan  Pembangunan Nasional menetapkan Selayar sebagai salah satu lokasi khusus (lokus) percepatan penurunan  stunting.

Pemkab Selayar sejak 2018 hingga 2020 dengan beberapa kebijakan serta penanganan yang dilaksanakan,  Kepulauan Selayar mampu menurunkan angka penderita Stunting pada kisaran 20,44%.

“Pemerintah berharap angka tersebut masih bisa kita tekan hingga dapat mencapai angka 14% pada tahun  2024,” lanjut Marjani Sultan.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. H. Basok Lewa, selaku pelaksana  menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk menyepakati rencana program dan kegiatan percepatan  penurunan Stunting tahun 2021 disemua stakeholder daerah.

“Kita berharap semua sektor baik dari unsur pemerintahan maupun masyarakat agar dapat secara simultan  sinergis dan terintegrasi dalam pelaksanaan 8 aksi konvergensi percepatan penanganan dan atau pencegahan  stunting di Kabupaten Kepulauan Selayar,” lanjut Basok Lewa.

Sekadar diketahui, OPD yang akan memberikan paparan adalah Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan  Kebudayaan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Sosial, Dinas  P3AP2KB, Dinas PMD, Dinas Dukcapil, dan Dinas PURP. (Sya)

Pos terkait