Tangkal Corona, Puskesmas Sabbang Selatan, Ajak Pola Bersih Cuci Tangan

  • Whatsapp
Tangkal Corona, Puskesmas Sabbang Selatan, Ajak Pola Bersih Cuci Tangan

Tangkal Corona, Puskesmas Sabbang Selatan, Ajak Pola Bersih Cuci Tangan

LUTRA,UPEKS.co.id – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Sabbang Selatan mewajibkan  siapa saja yang mau masuk di Puskesmas harus mencuci tangan.

Bacaan Lainnya

Ini sebagai langkah antisipasi penyebaran berbagai kuman, bakteri dan virus termasuk virus Corona (COVID-19)
di ruang publik.

Kepala Puskesmas(Kapus) Sabbang Selatan(Sabsel), Sudarmi, SKM mengatakan, alat pencuci tangan telah tersedia di depan Puskesmas sebelum pintu masuk.

“Kami menginstruksikan agar pegawai, staf, bidan dan pengunjung di Puskesmas harus mencuci tangan terlebih  dahulu sebelum masuk gedung,” kata Sudarmi pada wartawan media ini, Senin (23/3/2020).

Alat pencuci tangan tersebut menggunakan air mengalir berupa selang atau pipa. Setiap alat pencuci tangan juga  disediakan sabun cair sebagai zat pembersih kuman, bakteri dan virus.

“Alat pencuci tangan ini tidak disediakan handuk karena akan menjadi sumber penyakit jika digunakan bersama,”  ucapnya.

Sudarmi, SKM mengungkapkan, bahwa setiap petugas, pengunjung maupun pasien wajib mencuci tangan  sebelum memasuki gedung Puskesmas.

Ketersediaan alat pencuci ini juga sebagai edukasi masyarakat agar terbiasa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terlebih yang santer sekarang virus Corona  (Covid-19).

“Petugas keamanan akan mengarahkan siapa saja yang mau masuk ke gedung Puskesmas untuk mencuci  tangan terlebih dahulu,” pungkas Sudarmi.(yustus)

Pos terkait