Warga Desa Margolembo Nikmati Air Bersih Program Pamsimas III

Warga Desa Margolembo Nikmati Air Bersih Program Pamsimas III

Warga Desa Margolembo Nikmati Air Bersih Program Pamsimas IIILUTIM.UPEKS.co.id—Warga Desa Margolembo Dusun Malaela Kabupaten Luwu Timur patut bersyukur setelah  beberapa lama akhirnya warga bisa menikmati pasokan air bersih melalui program Penyediaan Air Minum dan
Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III Tahun 2019.

Pemanfaatan air bersih itu ditandai uji fungsi dan serah terima oleh Bupati Luwu Timur, H. Muhammad Thoriq  Husler kepada Kepala Desa Margolembo, Siti Rokhaya, untuk kemudian diserahkan kepada masyarakat pengelola  program Pamsimas.

Bacaan Lainnya

Setelah menandatangani prasasti peresmian dan pengguntingan pita, Bupati juga langsung melakukan uji coba  memutar kran air untuk memastikan program itu berjalan lancar. Turut menyaksikan anggota DPRD, Badawi,  Heriyanti Harun, Wahidin Wahid dan beberapa Kepala OPD dan Camat lingkup Pemkab Luwu Timur.

“Pelayanan air minum dan sanitasi merupakan salah satu program prioritas pembangunan daerah untuk  mewujudkan masyarakat sehat. Disisi lain, program air bersih ini memang merupakan pelayanan dasar yang wajib  dipenuhi Pemerintah,” kata Husler dalam sambutannya, Senin (23/12/2019).

Orang nomor satu di Jajaran Pemerintah Kabupaten Luwu Timur ini juga mengharapkan agar Pemerintah desa  yang masih kesulitan mendapatkan pasokan air bersih agar memanfaatkan program Pamsimas. Apalagi program  ini telah dirasakan manfaatnya sehingga akan terus dilanjutkan.

“Kepada beberapa desa yang telah memiliki sarana air bersih agar masyarakat mampu menjaganya dengan baik,
sehingga dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu lama,” tandasnya.

Tidak hanya program Pamsimas, dalam kesempatan itu Husler juga menyalakan saklar sebagai tanda peresmian
listrik masuk desa. Warga menyambut antusias upaya Pemerintah daerah sehingga bisa menikmati sarana air
bersih dan listrik.

Kepala Desa Margolembo Kecamatan Mangkutana, Siti Rokhaya dalam laporannya menyampaikan rasa
bangganya atas kerjasama dan gotong royong masyarakat sehingga program Pamsimas ini bisa selesai sebelum  tenggak waktu yang di tentukan.

“Saya apresiasi kerjasama dan semangat gotong royong masyarakat sehingga fasilitas program Pamsimas ini  selesai di bangun. Saya juga apresiasi dukungan Pemerintah daerah dalam memfasilitasi kegiatan ini,” tutupnya.

Untuk diketahui, sarana fasilitasi pembangunan sarana air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat ini menelan  anggaran sebanyak Rp. 245 juta. (citizen report/hms).