Dinas Sosial Melalui FKS Sarasehan Keserasian Sosial

  • Whatsapp

Dinas Sosial Melalui FKS Sarasehan Keserasian Sosial

ENREKANG, UPEKS.co.id — Dalam rangka menjaga stabilitas keamanan ditingkat Desa, Forum Keserasian Sosial  (FKS) Desa Mundan, Kecamatan Masalle, Kabupaten Enrekang menggelar Sarasehan Keserasian Sosial (dialog  tematik), Di Rumah Kepala Dusun Marusa Utara Desa Mundan, baru – baru ini

Bacaan Lainnya

Kegiatan bertema “Melalui Keserasain Sosial Kita jaga dan rawat kebhinekaan Bangsa Indonesia dalam Binkai  NKRI”.

Hadir Kadis Sosial Provinsi Sulsel diwakili Pengelolah PSKBS Nur Sulaiman. B, Kepala Dinas Sosial  Enrekang diwakili Kasi Jaminan Sosial Keluarga Rusi, S.Pd, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten
Enrekang Enrekang diwakili Kabid Penegakan Peraturan Perda Muhammad Darwis dan Camat Masalle.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Koramil Alla Muh. Said, sejumlah Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Nur Sulaiman. B, mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk mewujudkan masyarakat  yang aman, damai, dan sejahtera. Selain itu menghindari atau menangkal konflik-konflik sosial, faham radikal,  serta meningkatkan gotong royong.

“Kami ingin wujudkan masyarakat yang harmonis dan memiliki jiwa sosial tinggi khususnya di Desa Mudan. Kami juga berharap masyarakat menjaga keharmonisan walaupun kegiatan Keserasian ini sudah selesai dan Forum  tetap menjadi pelopor menjaga keharmonisan” katanya.

Kepala Seksi Jaminan Sosial Keluarga Dinas Sosial Kabupaten Enrekang, Rusi, S.pd, mengatakan, kegiatan  keserasain sosial ini terbagi dua, kegiatan fisik dan non fisik.

Dengan tujuan memberikan ruang kepada  masyarakat untuk berkumpul, bergotong royong, dan saling bercengkrama, sehingga terjalin keserasain dan  keharmonisan di masyarakat yang sudah pudar.

Sementara itu Kabid Peraturan Perda Dinas Satpol PP Muhammad Darwis mengatakan, ada beberapa Perda  yang mengatur dalam bermasayrakat, tujuannya mewujudkan masyarakat yang aman, damai, dan sejahtera.

Salah  satu diantaranya saling menghormati dan menghargai, baik itu sesama keluarga, ketetangga atau warga lainya  atau warga dengan pemertintah.

Camat Masalle berterimakasih atas program FKS yang ada di desa Mudan, Kegiatan seperti ini diharapkan bisa  menjadi wadah masyarakat dalam menjada silahturahmi, termasuk mencegah adanya konflik di masyarakat.

“Kegiatan Forum ini sangat bagus karena melibakan unsur masyarakat dalam pelaksanaanya. Semoga kegiatan  ini bisa terus belanjut. Tentunya, atas nama pemerintah kecamatan akan selalu mendukung kegiatan FKS,”
ungkap Camat Masalle.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Mundan, Kepala Desa Mudan mengucapkan terimakasih kepada Program  Forum Keserasian Sosial atas terlaksananya kegiatan yang sangat membantu Desa Mundan.
Untuk tahapan fisik Program FKS Desa Mudan, kegiatan Pengecoran jalan, lokasi ini menjadi pilihan karena  merupakan akses menuju Dusus yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tana Toraja.

Sekadar diketahui FKS ini di inisiasi oleh Kementerian Sosial RI dalam menjalankan amanat konstitusi yang  tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial.( Sry)

Pos terkait