Bantaeng Workshop Skill Development Center (SDC) Tahap III

Bantaeng Workshop Skill Development Center (SDC) Tahap III

BANTAENG,UPEKS.co.id—Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) salah satu fokus pemerintah di  era Revolusi Industri 4.0.

Bacaan Lainnya

Guna membangun komitmen para pihak untuk dapat bekerjasama secara kolaboratif dalam menciptakan  sinergitas yang kokoh dan kuat guna mengatasi masalah ketenagakerjaan terkhusus di Bantaeng, Dinas Tenaga  Kerja dan Perindustrian Kabupaten Bantaeng menggelar Workshop Skill Development Center (SDC) Tingkat  Nasional Tahun 2019 di Kirei Hotel, Bantaeng,Kamis(31/10/2019)

Workshop ini merupakan lanjutan dari program kegiatan forum kerjasama Skill Development Center (SDC)  sebelumnya yang mana tahap I dilaksanakan di Hotel Kirei pada 30 April s/d 1 Mei lalu, dan tahap II dilaksanakan di  BM Hotel pada 15 Juli lalu. Kegiatan ini diinisiasi oleh Dirjen Kementerian Ketenagakerjaan RI, dan terus
berkelanjutan sampai pada saat ini.

Senior Advisor Bappenas Bidang Ketenagakerjaan, Bambang Warsito Adi, menyampaikan mengapa Bantaeng  dipilih sebagai pilot project program SDC.

Dikatakannya bahwa Bappenas mengembangkan program SDC karena
harus diakui dari potret internasional SDM kita masih terbelakang.

Dari unsur pengangguran masih cukup tinggi yakni sekitar 7 juta orang. Sangat tinggi dibanding negara Asean  lainnya. Dari 7 juta pengangguran, Sulsel menyumbang sekitar 160 ribu orang. Dari Sulsel, Bantaeng
menyumbang paling sedikit pengangguran, hanya 3500 orang.

“Akan tetapi permasalahannya bukan pada sedikit penganggurannya sehingga SDC dibentuk dsini, namun  diharapkan ada suatu daerah yang memiliki lembaga pendidikan yang bisa menjadi percontohan bagi daerah  lainnya. Karena kami sadari membangun SDM jauh lebih berat daripada membangun infrastruktur”, jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bantaeng, H. Sahabuddin mengatakan program ini sangat relevan dengan misi  Pemkab Bantaeng, yakni mewujudkan SDM yang berkualitas. “Tentunya menjadi kebanggaan bagi Pemerintah  dan Masyarakat Bantaeng karena dipilih oleh Pemerintah Pusat menjadi percontohan program SDC.

Sangat penting adanya penguatan SDM karena akan termanfaatkan suatu saat dan penyerapan tenaga kerja  putra putri lokal akan semakin baik”ujar Wabup.

SDC merupakan suatu konsep yang dibuat utamanya untuk anak-anak yang saat ini sudah lulus tapi masih belum  masuk dalam bursa kerja. Dalam program SDC ada 3 unsur utama yang disebut ABG (Akademik, Bisnis dan  Government). Ketiga unsur ini yang bisa menampung tenaga kerja kita.

Turut hadir pada kesempatan itu yakni Kadis Tenaga Kerja dan Perindustrian, A. Irvandi Langgara, Kepala BLK  Bantaeng, Fitroh Hanrahmawan, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Syamsuri, serta para peserta  SDC tahap III yang terdiri dari Kepala SKPD, para Camat, dan perwakilan instansi terkait.(IPA)

Pos terkait