Kaji Model Peningkatan Kompetensi Guru SMA di Sulsel Antar Basri Raih Doktor di UNM

  • Whatsapp

Kaji Model Peningkatan Kompetensi Guru SMA di Sulsel Antar Basri Raih Doktor di UNM

Makassar, Upeks.co.id–Secara faktual, nilai uji kompetensi guru belum mencapai standar yang telah ditetapkan secara nasional, rerata kompetensi guru di Sulsel berada di peringkat 18 dari 34 provinsi.

Bacaan Lainnya

Berbagai program dilakukan dalam meningkatkan kompetensi guru SMA di Sulsel, namun belum efektif. Penyebabnya, program itu kurang memperhatikan kebutuhan nyata guru.

Hal itu mendasari Basri mengkaji model peningkatan kompetensi guru. Kajian disertasi Basri dengan judul “Model Peningkatan Kompetensi Guru SMA di Sulawesi Selatan Pasca-Alih Kelola Kewenangan Sekolah” dipertahankan dalam sidang ujian promosi doktor pada Rabu (17/7) di Aula AD Lt.5 PPs UNM.

Sidang dipimpin Direktur PPs, Prof.Dr.Hamsu Abdul Gani,M.Pd. dengan anggota: Prof.Dr.Arismunandar,M.Pd., Prof.Dr.Anshari,M.Hum., Prof.Dr.H.M.Arifin Ahmad,M.A., Prof.Dr.Muhammad Yunus.,M.Pd., dan Dr.Pattaufi, M.Si.

Mantan Kabid Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, menemukan bahwa program peningkatan kompetensi guru harus berbasis kebutuhan. Kebutuhan guru karena kelemahan yang dimiliki.

Kelemahan guru itulah yang dijadikan sebagai dasar pemberian kompetensi. Basri menawarkan wadah pembinaan peningkatan kompetensi melalui diklat, PTK, supervisi, MGMP, dan mandiri.

Riset disertasi Kabid Pembinaan PK PLK Bahasa dan Sastra Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel menekankan agar pradigma pembenahan kompetensi guru harus berubah. Karena guru merupakan faktor penentu kualitas pendidikan.

Seusai menjawab semua bantahan tim penguji, Basri dinyatakan lulus dengan IPK 3,87 atau predikat kelulusan pujian (cumlaude). Basri tercatat sebagai alumni ke-792 PPs dan ke-124 Prodi S-3 Ilmu Pendidikan.

Prof.Dr.Anshari,M.Hum. selaku kopromotor memuji kemampuan Basri dalam menyampaikan risetnya. Basri sangat menguasai topik disertasinya karena berpengalaman di bidang pendidikan.(rls)

Pos terkait