Longsor, Akses Jalan di Desa Tallu Bamba Putus

  • Whatsapp

Longsor, Akses Jalan di Desa Tallu Bamba Putus

ENREKANG, UPEKS.co.id — Meski hanya sehari namun hujan deras dan intens yang mengguyur Enrekang menyebabkan beberapa akses penting di desa Tallu Bamba, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang terputus.

Bacaan Lainnya

Menurut Kades Tallu Bamba, Abd. Mu’min ada tiga akses yang tifak dapat berfungsi akibat longsor dampak dari derasnya hujan yaitu  akses Jalan poros di Dusun Kampong Tangnga tertimbun material Longsor dan saat ini sulit dilalui kendaraan roda 4.

Selain itu ada juga Jembatan Penghubung antara Dusun Jalikko dan Tangnga Padang rusak berat dan terancam putus,sehingga masyarakat takut lagi melewatinya,pada hal menurut Kades ini adalah akses satu – satu untuk keluar ke Enrekang. Sarana Air Bersih (SAB) Baraka Dusun Batu – Batu di desa Tallu Bamba juga rusak diakibatkan longsor.

” Ini akses satu – satunya yang dilalui masyarakat petani di wilayah Tangnga padang dan menghubungkan Kampung Paleleng Kecamatan Batulappa Kab.Pinrang”. Kata Mu’min.

Mu’min menambahkan, akses transportasi di wilayah Desa Temban dan Desa Tallu Bamba dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda betul – betul lumpuh total.

” Jadi kalau masyarakat mau ke Enrekang dengan roda dua hanya bisa melewati Desa Tungka.
Dengan kondisi jalan sekarang, roda dua pun betul – betul sulit sekali”. Pungkasnya.

Dengan banyaknya akses jalan yang terputus akibat curah hujan yqng sangat deras, saat ini Masyarakat Desa Tallu Bamba jika akan keluar harus melalui Desa Tungka tembus di Kulinjang Kelurahan Tuara.

Abd. Mu’min mengatakan selain Desa Tallu Bamba, Desa Temban dan Desa Buttu Batu juga rusak parah. Ia menjelaskan sejauh ini Dinas terkait seperti BPBD dan Dinas terkait lainnya belum ada yang datang melakukan pengecekan didesanya.

” Alhamdulillah belum ada yang datang, bahkan alat berat yang tadinya ada di lokasi justru keluar kewilayah antara Papi – Malauwe”. Pungkasnya( Sry)

Pos terkait