ANEKA

Tim Hisab Rukyat Kemenag Bersama Ormas Islam Pantau Hilal di Barru

BARRU.UPEKS.co.id–Tim Hisab dan Rukyat Kanwil Kementerian Agama Sulsel bersama Ormas Islam dan BMKG  memantau Hilal di Pantai Sumpang Binangae Barru, Ahad (5/5).

Hadir Ka.Kanwil Kemenag Sulsel Drs.H.Anwar Abu Bakar, M.Ag, sejumlah pejabat di Kanwil Kemenag Sulsel,  Ka.Kan Kemenag Kabupaten/Kota, pimpinan Ormas Islam, seperti DPP IMMIM, PB DDI, PW NU, PW  Muhammadiyah, dll, perwakilan BMKG dan sejumlah awak media TV nasional dan media cetak.

Pemantauan hilal dimulai pukul 17.00 sampai 18.22 dengan rangkaian acara sambutan perwakilan tim hisab  rukyat, dan pihak BMKG. Kemudian ditutup doa oleh AGH. Faried Wajedi, MA.

Ka.Kanwil Kemenag Sulsel, H.Anwar Abubakar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kehadiran  berbagai pihak dalam pemantauan Hilal awal bulan Ramadhan 1440 H.

Hosting Unlimited Indonesia

Dikatakan, tahun ini sengaja dilakukan di pantai Sumpang Binangae Barru, karena disini area terbuka dan bisa  disaksikan langsung masyarakat. Ini sebagai syiar Islam.

Tentu berbeda tahun lalu yang dilaksanakan di Tanjung Bunga Makassar, lokasinya kurang terjangkau oleh  masyarakat luas, sehingga kurang ramai. Sesuai arahan tim BMKG pukul 17.57 sd 18.22 kesempatan melihat  hilal, namun jika tertutup awan, tentu hilal tidak akan terlihat disini, jelasnya.

Sekjen DPP IMMIM M.Ishaq Shamad yang ikut serta memantau hilal menyampaikan pemantauan dilakukan sejak  17.30 Wita, kemudian salat maghrib berjamaah. Selanjutnya pemantauan dilanjutkan menggunakan teropong yang  telah disiapkan BMKG.

Pihak BMKG menjelaskan dari perhitungan hisab, 1 Ramadhan 1440 H jatuh Senin, 6 Mei 2019, tapi kepastiannya  tetap menunggu pengumuman resmi pemerintah pusat, jelasnya. (rls).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top