Perlebar Jalan Poros Malino, Pemerintah Pusat Siapkan Rp25 Miliar 

  • Whatsapp
Perlebar Jalan Poros Malino, Pemerintah Pusat Siapkan Rp25 Miliar 

GOWA, UPEKS.co.id – Revitalisasi pelebaran jalan poros malino terus menjadi perhatian pemerintah pusat. Tahun lalu melalui kementrian PUPR pemerintah menganggarkan sebesar Rp75 Miliar untuk pelebaran jalan selanjang 15 Km, dan untuk tahun ini pemerintahan pusat kembali menyiapkan anggaran sebesar Rp25 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Gowa untuk revitalisasi melalui pelebaran jalan poros Malino sepanjang 5 kilometer (Km).

Hal tersebut disampaikan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di sela-sela kunjungan kerjanya di Kelurahan Bontolerung, Kecamatan Tinggimoncong, Jum’at (5/4/2019).

Bacaan Lainnya

“Bantuan ini sebagai wujud perhatian pemerintah pusat kepada masyarakat,” ungkapnya.

Pelebaran jalan poros Malino ini juga sebagai upaya dalam menunjang target Pemkab Gowa untuk menjadikan Malino sebagai destinasi pariwisata nasional. Olehnya, perbaikan infrastruktur jalan tersebut memang sangat dibutuhkan.

“Jika ini dilakukan kita yakin dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke Malino setiap tahunnya. Termasuk pada perhelatan agenda wisata Beautiful Malino nantinya,” ujar Bupati Adnan.

Menurutnya, pelebaran jalan poros Malino ini dapat mengurangi jarak tempuh dari Makassar ke Malino, yang mana sebelumnya untuk mencapai wisata puncak ini membutuhkan waktu dua jam, dengan selesainya pelebaran hanya butuh waktu 45 menit.

Sementara Camat Tinggimoncong Andry Mauritz menyebutkan, sejumlah pembangunan infrastruktur yang telah dikerjakan di 2018 lalu pada beberapa lokasi di Kecamatan Tinggimoncong, antara lain pengaspalan jalan poros Mamampang Maros, Kelurahan Garassi sepanjang 5 Km, pengaspalan Jalan Poros Pallappassang, Kelurahan Gantarang 6 Km, pengaspalan Jalan Batulapiai Dalam tembus ke Jalan Karaeng Pado sepanjang 2 Km.

Kemudian pengaspalan Jalan Tassala Batulapisi Dalam 2,5 Km, pengaspalan Jalan Tassala Batulapiai tembus Biring Panting sepanjang 2 Km, pengaspalan Jalan Patte’ne, Lembah Biru 300 meter, pengaspalan Jalan Biroro Topidi Kelurahan Malino, dan pengaspalan Jalan poros Parigi – Juwangga Desa Parigi sepanjang 3,1 meter.

“Selain itu pemerintah daerah juga menganggarkan biaya pemeliharaan di beberapa ruas jalan yang ada di Tinggimoncong,” terangnya.(sofyan)

Pos terkait