ANEKA

Pengurus DPD FK-PKBM dan DPC FTPKN Gowa Dilantik

GOWA, UPEKS.co.id— Dewan Pengurus Daerah (DPD) Forum Komunikasi (FK) Pusat Kegiatan Belajar  Masyarakat (PKBM) Kabupaten Gowa menggelar pelantikan pengurus baru masa bakti 2019-2024.

Pelantikan tersebut juga dirangkaikan dengan pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Forum Tutor  Pendidikan Kesetaraan (FTPKN) Kabupaten Gowa yang baru dengan masa Bakti 2019-2024.

Ketua FTPKN Forum Tutor Sulsel, Andi Burhanuddin dalam sambutannya mengatakan, dengan dilantiknya para pengurus DPD FK PKBM Kabupaten Gowa ini, diharapkan mampu mempererat tali persaudaraan dan  kekompakan yang telah terjalin hingga detik ini.

“InshaAllah kedepannya kita bisa bersinergi satu sama lain. Inilah suasana kekeluargaan yang telah kita jalin  seperti sekarang ini,” ucapnya, usai melantik para pengurus FTPKN, di Gedung D’Bollo, Selasa (2/4/2019).

Ditempat yang sama, Ketua DPW FK PKBM Sulsel, H Tuppu Bulu alam dalam sambutannya menuturkan, semoga organisasi ini senantiasa mengibarkan dan mengembangkan pendidikan-pendidikan non formal di Kabupaten Gowa.

“Kegiatan seperti ini sangat langka untuk dilakukan secara bersamaan, mengingat para pengurus yang lain punya aktivitas yang berbeda-beda. Tetapi kita selaku pelaku dan penggiat pendidikan non formal sehingga aktifitas kita  dikesampingkan guna mengikuti pelantikan ini,” tutunya.

Dirinya juga berharap, mudah-mudahan pendidikan formal dan informal dapat dijaga dan dapat mensejahterakan  Masyarakat Kabupaten Gowa.

Selain itu ia menyampaikan jika tidak banyak masyarakat yang tahu terkait apa itu PKBM. Perlu diketahui, jika  pendidikan non formal itu adalah PKBM, dimana PKBM ini telah mendunia. Dimana, jika di skala internationalnya  dikenal dengan iatilah Comunity Learning Center (CLC).

Hosting Unlimited Indonesia

“Jadi disemua negara itu ada PKBMnya juga. Jadi kita paut berbangga, karena organisasi kita ini selain organisasi  edukasi, tetapi lebih dari itu adalah sebuah organisasi sosial,” ungkapnya dihadapan undangan yang hadir.

Ir Tuppu juga mengatakan jika Forum Tutor dan Forum Pusat belajar masyarakat ini tidak dapat dipisahkan.

Mengingat tutor sebagai tenaga pendidik. Sementara forumnya berada di Lembaga PKBM. Satuannya adalah  PKBM pula.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa yang hadir mewakili Kadis Pendidikan mengatakan,  dalam pelaksaan PKBM dan FTPKN ini harus berdasarkan pada aturan-aturan dari kementerian bahwa forum  PKBM dan FTPKN menjalankan tugas dengan baik.

Lanjutnya, keberadaan pendidikan nonformal ini sangat membantu. Sebab jika hanya berharap pada pendidikan  formal yang ada, banyak yang tidak terakomodir disana. Karena pendidikan formal juga telah setara dengan  pendidikan non formal.

“Diantaranya, Paket A, paket B, dan Paket C. Ketiga pendidikan non formal ini tidak ada lagi perbedaannya. Semua  melaksanakan ujian bersamaan dengan pendidikan formal,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan jika  SPAS telah dijalankan di Kabupaten Gowa, dimana SPAS sendiri merupakan sandingan dari Tutor. Dimana  keduanya berjalan seiring dilapangan dengan memperhatikan rambu-rambu pendidikan yang ada di Kabupaten
Gowa.

“Perlu pula diketahui jika Pemkab Gowa sedang giat-giatnya mencanangkan Gowa Kabupaten Pendidikan. Dan  tidak terlepas dari tutor kita ini ikut aktif didalamnya. Dimana Program ini dicetuskan oleh bapak Bupati Gowa,  untuk bagaimana Gowa kedepan dalam pencerdasan dan pemenuhan Sumber Daya Manusia,” terangnya.

Dalam pelantikan ini pula, terpilihlah pengurus baru Dewan Pengurus Daerah (DPD) Forum Komunikasi (FK)  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kabupaten Gowa dengan masa bakti 2019-2024 yakni Ketua  Saparuddin, Sekretaris Irwani, dan bendahara Mustari.

Sementara untuk pengurus baru Dewan Pengurus Cabang (DPC) Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan (FTPKN)  Kabupaten Gowa masa bakti 2019-2024 yakni Ketua Rosdiana, Sekretaris Jumriani, Bendahara H Salman. (sofyan) .

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top