ANEKA

Magang Industri, Prodi Agroindustri Politani Pangkep Kerjasama 25 Perusahaan

Makassar,Upeks.co.id— Program Studi (Prodi) Agroindustri, Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Pangkep menjalin kerjasama dengan 25 perusahaan/instansi yang tersebar di 15 wilayah di Indonesia.

Kerjasama berupa magang industri yang akan memberikan mahasiswa pengalaman kerja baik di perusahaan maupun industri selama tiga bulan.

Ketua Prodi Agroindustri Politani Pangkep, Zulfitriany Dwi Mustaka mengatakan, program ini merupakan program pemagangan bagi mahasiswa semester akhir yang akan memberikan pengalaman kepada mahasiswa bagaimana proses pengolahan, produksi skala industri dan bagaimana manajemen dijalankan dalam organisasi instansi dan industri.

“Yang terpenting dalam program magang industri ini adalah membangun softskill mahasiswa seperti etos kerja dan kerjasama tim sehingga mahasiswa memiliki motivasi, tanggungjawab dan disiplin,” katanya.

Sebanyak 81 mahasiswa, lanjut dia, disebar di berbagai wilayah seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Malang, Pekalongan, Kendari, Kalimantan, Toraja dan Makassar. Bidang minat mahasiswa diarahkan ke instansi yang sesuai seperti SEAMEO Biotrop Bogor, Balai Pasca Panen Bogor, Balai Penelitian Sayuran Lembang, dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian.

Hosting Unlimited Indonesia

“Beberapa diantaranya juga terserap dalam perusahaan seperti PT Bomandiri Agro Sedoya Bandung, PT Kalla Kakao Kendari, PT Sulatco Toraja, PT Paravliet, Maya Food Pekalongan, PT Tritunggal Sentra Buana Kaltim, PT Indotuna Papua,” ujarnya.

Zulfitriany menjelaskan, program magang industri dimulai pada minggu kedua Januari dan berakhir di bulan April. Memasuki minggu kedua April, Agroindustri menarik mahasiswa untuk kembali dan akan mempresentasekan hasil magang industri di kampus.

Salah satu instansi yang melakukan proses pelepasan mahasiswa magang Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulsel, Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Mahasiswa yang mengikuti magang industri di BPTP Sulsel, yakni Jumrana, Lilis Karlina, Iriani dan Riska Septiani.

“Di instansi tersebut, mahasiswa praktik dan terlibat dalam penelitian inovasi produk tepung kentang, tepung wortel, saus cabai dan pengujian kualitas permen jelly,” terangnya.

Proses pelepasan mahasiswa di BPTP Sulsel yang berlangsung dengan penuh kekeluargaan secara khusus dilepas oleh Kepala KTU Suryanti Ali.

Dalam sambutannya, Suryanti berharap, para mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapat selama magang dan terus menyempurnakan skill khususnya dalam hal analisa dan inovasi produk.

Turut hadir dalam acara pelepasan tersebut Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian, Faisal, SP. MSi dan pembimbing peneliti.(rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top