ANEKA

Puncak MRSF 2019, Bupati Minta Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

SELAYAR,UPEKS.co.id—Kemeriahan Acara Puncak Millenial Road Safety Festival (MRSF) 2019 yang digelar Polres Kepulauan Selayar bertema “Mewujudkan Generasi Millenial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Yang Gemilang” diikuti ribuan peserta di Taman Pusaka Benteng, Kecamatan Benteng, Selayar,Sulsel, Minggu (17/03/19).

Rangkaian kegiatan diawali dengan Senam Kolosal, Dram Band Siswa – Siswi SMA, dan pertunjukan dari Sanggar Seni Tanadoang.

Hadir Bupati Selayar, Ketua DPRD Selayar, Kapolres Selayar, Dandim 1415/Selayar, Kepala Kejaksaan Negeri Selayar, Ketua Pengadilan Negeri Selayar, Ketua Pengadilan Agama Selayar, TP PKK Selayar, OPD se-Kabupaten Selayar, serta para tamu undangan lainnya.

Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP Taovik Ibnu Subarkah, S.Ik., mengatakan tingginya angka kecelakan lalu lintas di Indonesia sangat memperhatikan. Hampir 20% diantaranya remaja yang berstatus pelajar bahkan di Kepulauan Selayar jumlah kecelakaan 2018 ada 120 kasus. Korban meninggal dunia delapan orang, luka ringan 159 orang.

“Sedangkan tahun 2019, bulan Januari sampai Maret ada 37 kasus dan tiga orang yang meninggal dunia, dan masih banyak korban meninggal dunia di luar data-data Polres Kepulauan Selayar kerena tidak semua kasus kecelakaan dilaporkan dan hanya ini yang dilaporkan oleh masyarakat,” ucap Kapolres Selayar.

AKBP. Taovik Ibnu Subarkah, S.Ik., juga menambahkan kalau kita harus memaknai bahwa budaya disiplin masyarakat Indonesia pada umumnya dan kaum pelajar millennial masih sangat rendah. “Sebelum Berlalu lintas, jangan lupa berdoa. Para pelajar agar belajar dengan fokus, berjuanglah dengan keras baik di sekolah dan lingkungan tempat tinggal”.

Hosting Unlimited Indonesia

Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali sangat mengapresiasi kegiatan MRSF, dan mudah – mudahan melalui kegiatan ini terkhusus kaum millenial mampu meningkatkan kesadarannya dalam berlalulintas secara baik dan benar.

“Karena berdasarkan informasi dari organisasi kesehatan sedunia WHO – PBB, kecelakaan lalu lintas adalah urutan ke-5 jumlah manusia yang meninggal dunia. Kondisi ini perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh lapisan masyarakat,” ucap H. Muh. Basli Ali.

Olehnya itu, lanjut Bupati Selayar, kecelakaan di Selayar masih sering terjadi meskipun volume kendaraan tidak sepadat dengan daerah lain. Hal ini disebabkan karena beragam faktor antara lain, karena melanggar rambu lalulintas, ugal-ugalan menggunakan kendaraan di jalan raya, parkir tidak pada tempatnya, bahkan masih banyak yang menggunakan bahu jalan sebagai tempat parkir tetap kendaraan roda empat, yang semuanya berpotensi menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.

“Ini menjadi tugas bersama antara pemerintah daerah dan jajaran kepolisian untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya generasi kaum millenial, tentang arti penting keselamatan berlalulintas. Di samping itu, peran orang tua sangat menentukan dalam mewujudkan generasi yang taat dan tertib berlalulintas,” tutup Bupati Kepulauan Selayar.

Rangkaian acara diakhiri dengan Penandatanganan Deklarasi MRSF, Photo Bersama, Penerimaan Hadiah Lomba MRSF, Pembacaan Deklarasi MRSF, Doorprize Jalan Santai, dan Penampilan artis kebanggaan Kabupaten Kepulauan Selayar Aty Kodong D’Academy. (Sya)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top