EDUKASI BUDAYA

Pendaftaran Mahasiswa Baru, UMI Terapkan Sistem Online

MAKASSAR,UPEKS.co.id—Perguruan Tinggi UMI, tahun ini menerapkan sistem pendaftaran mahasiswa baru  (maba) menggunakan online. Langkah ini sebuah terobosan sebagai bagian dari kemajuan perkembangan
teknologi, kata Rektor UMI, Prof Dr H Basri Modding pada wartawan di Menara UMI, Kamis (21/3).

Saat memberi keterangan, rektor didampingi, KetuaYayasan Wakaf UMI, H Mochtar Noer Jaya, Dewan Pembina  UMI, Prof Dr H Mansyur Ramly, Wakil Rektor 1, Dr Ir H Hanafi Assad,MT. Hadir pula para Wakil Rektor, para  Dekan,Kepala Lembaga lingkup UMI.

Menurut rektor, sistem online itu diyakini akan lebih efisen dari berbagai aspek. Dengan demikian, calon maba UMI  yang berdomisili jauh di luar daerah atau provinsi lain di Indonesia tak perlu ke UMI, cukup mengakses dan  mendaftar melalui website www.umi.ac.id.

”UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah tetap menerapkan kebijakan, untuk meringankan maba, dana  BPP/SPP dapat dicicil sesuai kemampuan,” kata rektor.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina yayasan Wakaf UMI, Prof Dr H Mansyur Ramly menegeaskan, penerimaan  maba yang penerapan sistem online itu sebuah hal positif.

Hosting Unlimited Indonesia

Sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di luar Jawa dan berakreditasi A (unggul), kata Mansyur, UMI  harus mampu menjadi pionir melakukan berbagai inovasi dan terobosan.

Terobosan inovatif itu, tentulah diharapkan akan mewujudkan pengelolaan pendidikan di UMI yang lebih  berkualitas menuju Universitas Berkelas Dunia (World Class University), tandas Mansyur Ramly.

Meski demikian, Mansyur Ramly mengingatkan, perubahan dan penerapan sistem baru itu, tingkat kesuksesannya  sangat ditentukan unsur kebiasaan (culture). Untuk itu, culture keseharian dalam berkerja harus mampu  menyesuaikan setiap perubahan.

Sementara itu, Ketua Yayasan Wakaf UMI, H Mochtar Noer Jaya menambahkan, tahun ini, UMI target penerimaan  Maba antara 4.000 hingga 4.500. Angka itu ideal sesuai rasio dosen dan prasarana. Selain itu juga sesuai petunjuk  Wapres Jusuf Kalla, agar kualitas tetap terjaga, agar penerimaan maba UMI tak lebih dari 4.500 orang.

Sebelumnya, Wakil Rektor I, Dr Ir Hanafi Assad,MT mengemukakan, untuk program pilihan non Fakultas  Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi (FK dan FKG), pembukaan akses SPMB UMI mulai 22 Maret hingga 12  Juli 2019.

Selanjutnya, pendaftaran 2 Mei hingga 12 Juli 2019, ujian tulis dan wawancara 15 Juli dan pengumuman 21 Juli.  Kemudian pendaftaran ulang dan pemeriksaan kesehatan 22 Juli s/d 9 Agustus 2019.

Khusus FK dan FKG, pendaftaran 2 Mei hingga12 Juli, 15-18 Juli seleksi tahap pertama,pengumuman tahap  pertama 21 Juli 2019, kata Hanafi Assad. (arf).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top