MAKASSAR,upeks.co.id— H Muh Rusli Umar menulis resume disertasi berjudul ‘Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Rohani Islam untuk Menyiapkan Generasi Anti Radikalisme pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Makassar Perspektif Pendidikan Agama Islam.’
Penelitian bertujuan mendekripsikan kontribusi pelaksanaan integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan Rohani Islam (Rohis) untuk menyiapkan generasi anti radikalisme di SMK Negeri 4 Makassar Perspektif Pendidikan Agama Islam (PAI).
Karyanya merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang diuraikan melalui pendekatan yuridis normatif, pedagogis, psikologis dan sosiologis.
Hasil penelitian menunjukkan, pola integrasi pendidikan karakter di SMK Negeri 4 Makassar melalui berbagai kegiatan Rohani Islam (Rohis) yang dikontrol langsung oleh pihak guru PAI.
Dijelaskan, kebijakan dan inovasi terhadap model dan strategi terkait pendidikan karakter perspektif Pendidikan Agama Islam (PAI) secara umum masih menerapkan pola dan standar pembelajaran yang sama dengan sekolah lain.
Sistemnya adalah melakukan upaya pendalaman dan pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran PAI untuk mendukung pendidikan karakter.
Keunggulan dalam pemahaman materi dan pendalaman sikap yang ditunjukkan oleh siswa yang bergabung dalam organisasi Remaja Pencinta Mushollah (RPM) juga dinilai sebagai keberhasilan pendidikan karakter di SMK Negeri 4 Makassar.
“Organisasi Remaja Pencinta Mushollah (RPM) sebagai organisasi ekstrakurikuler sangat berperan untuk menutup setiap potensi pengaruh muatan radikalisme dari luar sekolah,” tandasnya. (rls).
