EDUKASI BUDAYA

Pendidikan Karakter Siapkan Generasi Anti Radikalisme

MAKASSAR,upeks.co.id— H Muh Rusli Umar menulis resume disertasi berjudul ‘Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan  Karakter dalam Kegiatan Rohani Islam untuk Menyiapkan Generasi Anti Radikalisme pada Sekolah Menengah  Kejuruan Negeri 4 Makassar Perspektif Pendidikan Agama Islam.’

Penelitian bertujuan mendekripsikan kontribusi pelaksanaan integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam  kegiatan Rohani Islam (Rohis) untuk menyiapkan generasi anti radikalisme di SMK Negeri 4 Makassar Perspektif  Pendidikan Agama Islam (PAI).

Karyanya merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang diuraikan melalui pendekatan yuridis normatif, pedagogis,  psikologis dan sosiologis.

Hosting Unlimited Indonesia

Hasil penelitian menunjukkan, pola integrasi pendidikan karakter di SMK Negeri 4 Makassar melalui berbagai kegiatan Rohani Islam (Rohis) yang dikontrol langsung oleh pihak guru PAI.

Dijelaskan, kebijakan dan inovasi terhadap model dan strategi terkait pendidikan karakter perspektif Pendidikan Agama Islam (PAI) secara umum masih menerapkan pola dan standar pembelajaran yang sama dengan sekolah  lain.

Sistemnya adalah melakukan upaya pendalaman dan pemahaman siswa mengenai materi pembelajaran PAI  untuk mendukung pendidikan karakter.

Keunggulan dalam pemahaman materi dan pendalaman sikap yang ditunjukkan oleh siswa yang bergabung dalam  organisasi Remaja Pencinta Mushollah (RPM) juga dinilai sebagai keberhasilan pendidikan karakter di SMK  Negeri 4 Makassar.

“Organisasi Remaja Pencinta Mushollah (RPM) sebagai organisasi ekstrakurikuler sangat berperan untuk  menutup setiap potensi pengaruh muatan radikalisme dari luar sekolah,” tandasnya. (rls).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top