Reuni Trembesi, Dari Kariango Doni Monardo Hijaukan Indonesia

Reuni Trembesi, Dari Kariango Doni Monardo Hijaukan Indonesia

MAROS, UPEKS.co.id– Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD), Letjen TNI (Purn) Doni Monardo bernostalgia bersama para pegiat Trembesi di Indonesia yang dilaksanakan di Mako Brigif Para Raider 3/Tri Budi Sakti Kariango, Selasa, 6 Desember.

Nostalgia yang dibungkus dalam kegiatan Reuni Trembesi ini dihadiri tokoh-tokoh yang punya jasa mengkampanyekan Trembesi hingga Indonesia bisa hijau. Di antaranya hadir Sekjen PPAD Mayjen Purn Komaruddin Simanjuntak, Mayjen Purn.Joko Susilo Utomo, Andi Herry Iskandar, Endong Patompo, serta beberapa perusahaan yang punya dukungan menghijaukan lingkungan dengan trembesi, seperti PT Vale, Semen Tonasa dan owner Karebosi Link, Bang Hasan. Dari semen Tonasa hadir GM Coorporate Andi Chalik Said.

Bacaan Lainnya
 

Pada kesempatan itu Letjen TNI (Purn) Doni beserta rombongan menyempatkan berkeliling asrama. Dia melihat langsung bagaimana Kostrad yang kini sudah hijau dipenuhi pohon trembesi.

Padahal dulu saat ia kali pertama bertugas dan menjabat Komandan Brigade Infanteri Linud 3/Tri Budi Sakti (TBS), Kariango dikenal tandus.

“Siapa yang menyangka kariango yang tandus bisa se hijau sekarang,” akunya dihadapan tamu undangan.

Dia juga menjelaskan kalau reuni trembesi ini juga dijadikan ajang mengenang jasa Andi Tenri Onny Gappa.

“Jadi kami reuni dengan para pelaku, prajurit dan teman komunitas yang terlibat dalam penanaman pohon. Baik di Kariango maupun di Pulau Sulawesi yang akhirnya berkembang diseluruh Indonesia. Sekaligus mengenang jasa alamarhum Andi Tenri Onny Gappa,” ungkapnya

Beliaulah (Andi Tenri Onny Gappa,red), memberi dukungan paling besar dan paling banyak untuk bibit trembesi, sambungnya.

“Beliau bersedia memberikan edukasi kepada banyak kesatuan-kesatuan TNI.
Jadi tanpa bantuan almarhum Pak Onny mungkin program trembesi yang sekarang kita rasakan manfaatnya dihampir semua jalan Protokol mungkin tidak akan bisa seperti sekarang. Jadi disamping reuni kita juga mengenang jasa almarhum,” jelasnya.

Saat menjadi komandan Brigade Infanteri Linud 3/TBS Kariango ditahun 2006 ia sudah menanam sekitar 50 ribu batang trembesi

“Jadi saya tertarik ketika saya bertugas tahun 2001 di Paspampres. Ketika berkunjung di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh ke Papua, hampir pasti kita menemukan tiga jenis pohon, yakni beringin, asam dan trembesi. Saya menyaksikan bagaimana trembesi tumbuh kokoh dan juga memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi masyarakat dibawahnya. Makanya saya sengaja menanam trembesi,” jelasnya.

Hingga kini ia bersama timnya sudah menanam sekitar 20 juta pohon trembesi.

“Saya dengan tim Paguyuban Budi Asih setelah pindah dari Kariango ke Jakarta, sudah melakukan penanaman sekitar 20 juta pohon trembesi. Dengan dibantu oleh berbagai pihak, mulai BUMN hingga swasta,” jelasnya.

Dia juga mengaku telah menyumbangkan ratusan ribu bibit trembesi. “Kami telah menyumbangkan bibit tanaman sebanyak 141 ribu lebih kepada pemerintah melalui Menteri PUPR yang nantinya akan dibawa ke IKN untuk ditanam,” pungkasnya. (*)