Geopark Maros Pangkep Bakal Gelar Jambore dan Rakornas

Geopark Maros Pangkep Bakal Gelar Jambore dan Rakornas

MAROS,UPEKS.co.id— Geopark Maros Pangkep akan menggelar rapar koordinasi nasional (Rakornas) dan Jambore Geopark Sulawesi Selatan. Jambore dan Rakornas akan digelar pada 19-21 Desembermendatang.

Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari dalam rapat koordinasi persiapan jambore Geopark Maros-Pangkep Sulawesi Selatandi Ruang Rapat Wabup Maros, Rabu (7/12/2022).

Bacaan Lainnya
 

Suhartina Bohari mengatakan, rapat koordinasi ini membahas dua event besar yang akan berlangsung di bulan Desember ini. Selanjutnya akan ada rakor lanjutan untuk pembahasan lebih detail.

“Ini baru penyampaian awal, bahwa kita akan melakukan event yang besar di 19 hingga 21 Desember. Akan ada Rakornas Geopark dikawasan Geopark Maros-Pangkep. Juga akan ada kegiatan Jambore Geopark Maros-Pangkep,” tuturnya.

Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu kepastian dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait detailnya. Rundown acara dan penanggung jawab maisng-masing kegiatan akan dibuatkan rakor tersendiri.

“Kemungkinan kita akan melakukan rapat koordinasi lebih detail lagi untuk tupoksi masing-masing. Kita sudah belajar dari pengalaman asesmen kemarin. Kegiatan Geopark memerlukan teknis detail yang memang harus dipersiapkan jauh hari,” ungkap Suhartina.

Sementara itu, Ketua Panitia Jambore Geopark Maros-Pangkep, Teguh Pratama mengatakan, Jambore Geopark yang akan dilakukan ini merupakan jambore Geopark pertama di Indonesia. Bahkan jika sudah mendapat predikat UNESCO, ini akan menjadi yang pertama di dunia.

“Jambore akan berlangsung di Desa Tompobulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Terkait hal ini, kita melakukan kolaborasi langsung dengan kuwartir daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulsel,” katanya.

Kolaborasi dengan Kwarda Sulsel dilakukan ungkap Teguh, sebab peserta jambore merupakan anggota gerakan pramuka dari dua kuwartir cabang. Terdiri dari Kuwartir Cabang Maros dan Kuwartir Cabang Pangkep masing-masing putra putri.

“Pesertanya merupakan peserta pada tingkat Penegak atau tingkat satuan SMA/SMK. Formasi peserta terdiri dari unsur pimpinan Kontingen cabang satu orng putra dan putri, pembina damping putra dan putri masing-masing satu orng, peserta dari masing-masing kuwartir cabang sebanyak  50 orang putra dan putri,” jelasnya.

Lebih lanjut, General Manager (GM) Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep, Dedi Irfan menambahkan, event yang tidak kalah besarnya adalah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Geopark. Akan ada pemilihan Ketua Jaringan Geopark Indonesia.

“Ini akan menjadi moment yang besar. Ketua baru dari jaringan Geopark Indonesia akan dipilih di daerah kita. Lebih tepatnya akan berlangsung di Hotel Grand Town,” ujarnya.

Deni menambahkan, beberapa konsep kegiatan Rakornas Geopark diantaranya gathering bersama gubernur sulsel, field trip darat dan Rakornas. Selain itu juga ada field trip komunitas Suzuki Katana Indonesia (SKIN) dan kunjungan villa walikota.

“Kita sudah melakukan setingan terkait delegasi untuk melihat langsung jambore Geopark pertama di Indonesia. Mereka akan berbaur dengan peserta jambore, bisa saling sapa, juga akan melihat beberapa atraksi,” pungkasnya. (***)