Torehkan Keaktifan Peserta JKN Tertinggi, Kabupaten Muna Barat Resmi UHC Hari Ini

Torehkan Keaktifan Peserta JKN Tertinggi, Kabupaten Muna Barat Resmi UHC Hari Ini
Maginti,  Upeks.co.id – Aula Kantor Desa Maginti menjadi saksi, atas prestasi yang baru saja direngkuh Pemerintah Kabupaten Muna Barat dalam hal capaian Universal Health Coverage (UHC) Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi masyarakatnya, Rabu (12/10).
Prestasi tersebut diraih setelah per 1 Oktober 2022, 100% warga Muna Barat terdaftar menjadi peserta JKN dengan tingkat keaktifan 96,71% (82.314 dari total penduduk 85.118). Dengan sebaran peserta terbesar dari segmen PBIJK sebanyak 47%, disusul segmen PBPU Pemda sejumlah 37,75%. Melalui capaian dan keaktifan peserta tersebut, Kabupaten Muna Barat menjadi peraih UHC tertinggi se wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Baubau.
Direktur SDM dan Umum, Andi Afdal Abdullah, yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Muna Barat atas komitmen dan dukungannya kepada program JKN oleh BPJS Kesehatan yang telah berjalan lebih dari tiga tahun di Kabupaten Muna Barat.
“Kurang dari 3% lagi masyarakat yang belum aktif kepesertaannya. Angka yang sangat kecil dan tidak mustahil untuk dilampaui, untuk itu kami mengharapkan dukungan dan kerjasama dari Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat agar menjelang berakhirnya 2022 ini dapat mencapai 100%,” ucap Afdal.
Menanggapi hal tersebut, Bupati Muna Barat, Bahri menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat utamanya dalam hal pelayanan Kesehatan.
“Tidak ada lagi masyarakat yang mengeluhkan biaya jika mereka sakit, karena sudah ada jaminan kesehatan di tangan mereka. Terkait pelayanan di fasilitas Kesehatan, tentunya kami akan berupaya untuk memenuhi tenaga kesehatan dan sarana yang dibutuhkan,” tegasnya.
Bahri menambahkan, salah satu yang telah ditambah yakni fasilitas kesehatan di daerah Pulau Tiga agar dapat menjangkau masyarakat sekitar pulau-pulau kecil di sekitarnya tanpa harus jauh-jauh ke daratan atau pusat kota.
“Kami mengharapkan dengan adanya prestasi ini, dapat menjadi semangat bagi kami di pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat sehingga mereka betul-betul mendapatkan pelayanan JKN yang berkualitas.
Maman, warga Muna Barat yang diundang khusus dalam kegiatan seremonial merasa sangat bersyukur bisa menjadi peserta JKN. Ia berujar, fasilitas Kesehatan yang disediakan pemerintah daerah juga cukup memadai dan makin terjangkau untuk masyarakat di daerah kepulauan.
“Alhamdulillah, saat ini saya tidak perlu memikirkan biaya lagi jika ingin berobat,” ujarnya. (se/an)