Pemkab Maros Bakal Sambut Kirab Pelajar Andalan Dengan Pasukan Kuda

Pemkab Maros Bakal Sambut Kirab Pelajar Andalan Dengan Pasukan Kuda

MAROS,UPEKS.co.id— Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-353 Sulawesi Selatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros melakukan rapat persiapan kirab pelajar andalan di Ruang Rapat Bupati, Selasa (11/10/2022). Nantinya, iring-iringan kirab pelajar akan disambut oleh pasukan kuda dan ganrang pamanca.

Kirab pelajar merupakan rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-353 Sulawesi Selatan tahun 2022. Peringatan tahun ini mengambil tema “Bersama Kita Bangkit Untuk Sulawesi Selatan”, dan motto “Bersatu Merajut Persaudaraan Pelajar Andalan untuk Sulawesi Selatan Maju”.

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia Kabupaten, Takbir yang juga Kepala UPT SMAN 1 Maros menjelaskan, Kirab Pelajar tersebut telah berlangsung sejak 3 Oktober lalu. Ini berlandaskan filosofi 8 (delapan) suku yang ada di Sulsel, di antaranya suku Bugis, Makassar, Toraja, Luwu, Mandar dan Konjo. Beberapa dari suku-suku tersebut menyebar ke 4 (empat) penjuru mata angin, yaitu timur, barat, utara dan selatan.

“Antara lain Rute Andalan 1 (Timur) yang meliputi Bone – Soppeng – Maros – Makassar. Selanjutnya, Rute Andalan 2 (Utara) yang meliputi Luwu Timur – Luwu Utara – Palopo – Soppeng – Wajo – Sidrap – Parepare – Barru – Pangkep – Maros – Makassar,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Rute Andalan 3 (Barat) yang meliputi Torut – Toraja – Enrekang – Pinrang/Sidrap – Parepare – Barru – Pangkep – Maros – Makassar. Serta Rute Andalan 4 (Selatan) yang meliputi Sinjai – Selayar – Bulukumba – Jeneponto – Bantaeng – Takalar – Gowa – Makassar.

“Khusus untuk di Maros kita akan menerima rombongan kirab dari Pangkep dan Bone pada 14 Oktoberkedepan. Rombongan Pangkep akan diterima di Kalibone dan rombongan Bone akan diterima di Bance’e,” jelasnya.

Usai diterima, jelas Takbir, rombongan kemudian akan menaiki mobil dan berkumpul di Mal Pelayanan Publik (MPP) Maros. Penyerahan pataka akan dilakukan di Lapangan Pallantikang kepada Bupati Maros.

“Kedua rombongan akan berkumpul di MPP terlebih dahulu, setelah itu baru bersama-sama berjalan menuju Lapangan Pallantikang. Sebagai pertunjukan budaya, rombongan juga akan diiringi oleh pasukan berkuda. Karena ini kirab pelajar, ganrang pamanca juga akan dimeriahkan oleh para pelajar,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Maros, AS Chaidir Syam menyampaikan untuk tetap saling menjaga koordinasi. Meski kegiatan tersebut merupakan kegiatan provinsi, Kepala OPD di Kabupaten juga harus tetap memeriahkan keberlangsungan Kirab Pelajar.

“Ini kegiatan untuk para pelajar kita. Kita semua harus terlibat, jika perlu nanti pada rombongan Kepala Sekolah yang akan mengiringi kirab pelajar, biar saya yang memimpin. Kita sama-sama berjalan menuju Lapangan Pallantikang,” sebut Chaidir.

Untuk lebih memaksimalkan kegiatan penyerahan pataka, gladi akan dilakukan pada tanggal 13 Oktober. Ia juga menegaskan untuk tidak luput dalam mendokumentasikan rangkaian penyambutan dan pelepasan kirab nantinya.

“Semuanya kita susun rapi, biar saat dokumentasi semuanya bisa terekam dengan baik. Jangan sampai penggelarannya sudah meriah tapi karena kurang rapi, dokumentasinya jadi kurang maksimal,” pungkasnya. (***)