Pelayanan Program JKN Dapat Diakses Hanya Dengan Menunjukkan KTP

Pelayanan Program JKN Dapat Diakses Hanya Dengan Menunjukkan KTP

Batauga Upeks.co.id – Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan hingga saat ini telah memberikan dampak positif bagi seluruh pesertanya. Mariani (53) salah satu dari peserta JKN yang telah merasakan manfaatnya yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan.

Warga yang tinggal di Kelurahan Laompo, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan ini menceritakan kisahnya saat memanfaatkan kartu kepesertaan JKN untuk pengobatan sang anaknya.

Bacaan Lainnya

“Kebetulan keluarga saya sudah pernah merasakan manfaat dari kartu JKN ini saat anak saya terkena usus buntu,” ungkapnya.

Lanjutnya, saat itu dokter mengatakan kemungkinan anaknya terkena usus buntu namun untuk lebih memastikan hal tersebut ia diarahkan untuk memeriksakan diri di rumah sakit.

“Karena keterbatasan alat di Puskesmas Batauga, sehingga kami dirujuk ke RSUD Buton Selatan untuk pemeriksaan lebih lanjut dan semua prosesnya berjalan lancar, serta saya hanya menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja semua dilayani,” lanjutnya.

Dan hasil dari pengecekan laboratorium dan pemeriksaan rontgen, ia mengatakan bahwa sang anak mengalami usus buntu dan harus segera dilakukan tindakan operasi.

“Saat itu sempat terpikir biaya yang akan dikeluarkan operasi untuk anak saya ini. Namun untungnya kami sekeluarga telah terdaftar dalam Program JKN sehingga semua dapat teratasi,” ujar Mariani.

Mariani mengungkapkan rasa bersyukur dengan memiliki kartu JKN. Ditambah lagi, dengan berbagai kemudahan yang diberikan oleh Program JKN ini.

“Bayangkan saja, saya tidak bawa kartu waktu berobat, tetapi dengan NIK di KTP saja, anak saya bisa dilayani dan segera ditangani oleh dokter. Sangat membantu sekali dan banyak kemudahan dari Program JKN ini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Eka Munawir, menjelaskan bahwa saat ini peserta JKN  tidak perlu khawatir saat lupa membawa atau kehilangan kartu JKN, karena dapat menggunakan Kartu Digital pada aplikasi Mobile JKN, atau dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP.

“Banyak manfaat penggunaan NIK sebagai identitas peserta JKN diantaranya mudah, cepat, dan pasti dalam mengakses pelayanan Program JKN. Peserta juga cukup menyebutkan nomor NIK saja, maka bisa langsung mendapatkan pelayanan,”ungkapnya (ap/an)