Gelar ToT Moderasi Beragama di Luar Pusdiklat Administrasi, Sekjen Kemenag Apresiasi UIN Makassar

Gelar ToT Moderasi Beragama di Luar Pusdiklat Administrasi, Sekjen Kemenag Apresiasi UIN Makassar

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kemenag RI, Prof Dr Nizar Ali M Ag membuka secara resmi Training of Trainer (ToT) Penguatan Moderasi Beragama UIN Alauddin Makassar.

Dalam sambutannya, Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu mengapresiasi UIN Alauddin Makassar karena menggelar ToT pertama diluar Pusdiklat Administrasi Kemenag RI.

Bacaan Lainnya

“Saya mengapresiasi UIN Alauddin Makassar, karena ini pertama kali digelar di luar Pusdiklat Administrasi Kemenag dan pertama dilingkungan PTKIN sebagai uji coba,” kata Nizar di Swiss Bell Hotel Pantai Losari, Kota Makassar, Senin (10/10/2022). 

Menurut, Prof Nizar Ali penguatan Moderasi Beragama merupakan program prioritas Negara yang telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

“Yang menjadi Mandatoris pelaksana peta jalan atau roadmap penguatan Moderasi Beragama ada di Kemenag, sehingga target 2022 tersedia narasumber, trainer, fasilitator atau instruktur program penguatan moderasi beragama,” jelasnya.

Kedepannya kata Nizar Ali, alumni ToT Moderasi Beragama akan ekspansi ke Kementerian, Lembaga atau Pemda menjadi untuk menjadi narasumber atau instruktur.

Mantan Kanwil Kemenag Provinsi DI Yogyakarta itu menargetkan pertengahan tahun 2023 seluruh ASN Kemenag terpapar Moderasi Beragama. “Ini tujuannya supaya bisa mendeteksi radikalisme di lingkungan nya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, TOT Penguatan Moderasi Beragama itu dilaksanakan selama enam hari terhitung Senin sampai Sabtu, (10-16) Oktober 2022 di Hotel Swiss Pantai Losari. (rls)