Gelar Raker, Unismuh Bahas Penguatan Atmosfer Akademik, Tata Kelola dan SDM

Gelar Raker, Unismuh Bahas Penguatan Atmosfer Akademik, Tata Kelola dan SDM

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Jika tak ada aral melintang, besok Jumat, 26 Agustus 2022, bakal mulai menggelar Rapat Kerja (Raker) Tahun Akademik 2022/2023.

Raker tahun ini bakal mengusung tema ‘Penguatan Atmosfer Akademik, Tata Kelola, dan SDM Menuju Good University Governance’. Raker ini akan digelar selama dua hari, hingga Sabtu 27 Agustus 2022.

Bacaan Lainnya
 

Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor II Unismuh yang merupakan penanggungjawab acara Raker Prof Andi Sukri Syamsuri, saat memberikan pengarahan dalam rapat panitia Raker di Balai Sidang Muktamar Kampus Unismuh Makassar, Kamis sore, 25 Agustus 2022.

“Penguatan atmosfer akademik, perbaikan tata Kelola dan peningkatan SDM merupakan pondasi dalam mewujudkan target Unismuh menuju kampus terakreditasi unggul pada tahun 2024,” terang Prof Andis, sapaan yang mulai disematkan kepadanya sejak terbitnya SK Guru Besar bidang Ilmu Linguistik dari Mendikbudristek beberapa waktu lalu.

*Agenda Raker

Ketua Panitia Raker, Dr Khaeruddin menambahkan bahwa dalam pembukaan Raker, Unismuh akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan tiga institusi. 

Pertama, dengan Pemerintah Kabupaten Sinjai, dalam rangka penanggulangan Stunting. Kedua, MoU dengan PT Akar Nur Edukasi, untuk akses informasi, coaching serta magang mahasiswa baik dalam maupun luar negeri.

Terakhir, MoU dengan Mecnesia Indonesia, untuk perekrutan alumni Unismuh untuk magang di perusahaan tersebut.

Usai pembukaan, lanjut Khaeruddin, acara akan diawali dengan pemaparan kondisi Sarana dan Prasarana Kampus oleh Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Prof Gagaring Pagalung.

Selanjutnya, paparan capaian kinerja Unismuh dan pengembangannya, bakal disampaikan Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse.

Pada Raker hari pertama ini, para Wakil Rektor akan memaparkan metode dan capaian kinerja masing-masing bidang. Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda akan memaparkan Bidang Akademik dan Kerjasama, dan Wakil Rektor II Prof Andi Sukri Syamsuri akan mengemukakan bidang Sumber Daya dan Keuangan. 

Wakil Rektor III Dr Muhammad Tahir bakal menjelaskan pencapaian bidang kemahasiswaan dan alumni, dan Wakil Rektor IV KH Mawardi Pewangi menguraikan aspek yang terkait pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK) dan kaderisasi.

Pada hari kedua, Sabtu 27 Agustus 2022, peserta akan mengikuti sidang komisi yang dibagi menjadi lima. Komisi A membahas Kurikulum, Pembelajaran dan suasana akademik, dan Kerjasama. Komisi B, membahas Sumber Daya, Keuangan, dan Kehumasan.

Sementara itu, Komisi C membahas kemahasiswaan dan alumni. Komisi D bakal membahas AIK, kaderisasi, dan kerjasama kemuhammadiyahan, sedangkan Komisi E, membahas persoalan kebijakan. 

Kegiatan ini, kata Khaeruddin, akan diikuti 246 peserta. Peserta Raker yakni Ketua dan Anggota Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar, Rektor dan para Wakil Rektor, Ketua Badan, Lembaga, Biro, Kabag dan Ketua Devisi.

Selain itu, Pimpinan Fakultas Tingkat Universitas, Dekan, Wakil Dekan, Gugus Kendali Mutu, serta Ketua dan Sekretaris Prodi dalam ruang lingkup Unismuh Makassar.

“Semua pengelola Amal Usaha dalam ruang lingkup Unismuh, seperti Rumah Sakit, Lab School, Pesantren, MBS dan lainnya juga akan diundang,” tutupnya. (aca)