DPRD Sesalkan Sikap WO Site Manager BMS Dari Rapat Dewan

DPRD Sesalkan Sikap WO Site Manager BMS Dari Rapat Dewan

LUWU,UPEKS.co.id— Site Manager PT Bumi Mineral Sawerigading (BMS), Zulkarnaen telah melecehkan demokrasi di Luwu karena sikapnya yang dianggap tidak terpuji ketika ikut pada rapat yang digelar DPRD Luwu secara terbuka.

Tanpa mendapatkan izin, ia Walk Out (WO) dari pimpinan rapat yang dipimpin Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Kamis (12/05). Padahal dalam rapat tersebut sedang membahas beberapa aspirasi masyarakat.

Bacaan Lainnya

Salah satu anggota DPRD Luwu dari Fraksi PDIP, Andi Admiral mengatakan, dalam rapat, pihak BMS keluar dari forum diskusi padahal tidak diizinkan meninggalkan forum.

“Dia keluar dari forum karena inisiatifnya sendiri padahal tidak diizinkan, untuk jelasnya bisa kita konfirmasi ke pak ketua,” ujar politikus muda ini.

Pihak BMS sendiri dipanggil secara khusus untuk membahas isu yang sedang berkembang di masyarakat. 

Sementara, Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali menyayangkan sikap Site Manager PT Bumi Mineral Sawerigading (BMS), Zulkarnaen yang meninggalkan ruang rapat tanpa seizin pimpinan rapat.

Ketua DPRD Luwu bahkan menyebutkan sikap yang ditunjukan pimpinan BMS tersebut tidak rasional dan tidak beretika.

“Tentu kalau bicara persoalan dinamika forum, itu tidak rasional dan itu dianggap kurang etika dalam forum,” ujarnya.

Untuk diketahui, Rapat Dengar Pendapat (RDP) menghadirkan sejumlah pimpinan perusahaan di Luwu, diantaranya, Wings Group, PT SGS, PT Masmindo Dwi Area, termasuk PT BMS dengan mahasiswa dan masyarakat, namun yang menunjukkan sikap WO hanya pihak BMS.

RDP ini juga merupakan tindaklanjut sikap DPRD Luwu atas aksi mahasiswa dan masyarakat yang mempertanyakan sejumlah perusahaan di Kabupaten Luwu.

Dalam RDP ini, diakui Ketua DPRD, terjadi saling debat antara sejumlah pimpinan atau perwakilan perusahaan yang hadir dengan pembawa aspirasi.

Diantaranya, dengan pimpinan PT BMS yang dihadiri oleh Site Manager PT BMS, Zulkarnaen. Namun sayangnya, pimpinan BMS meninggalkan ruang rapat saat rapat masih berlangsung.

“Saya pimpinan rapat, dia keluar tanpa izin. Hanya dia sampaikan akan keluar kemudian dia langsung tinggalkan ruang rapat, karena menurut dia ada yang diselesaikan dan mendesak. Setelah dia bicara langsung dia tinggalkan tempat,” ujar Ketua PPP Luwu ini. 

“Tetap kita rekomendasikan untuk lanjutkan pertemuan di Komisi 3, tergantung waktunya Komisi. Kita akan memanggil lagi lewat Komisi,” tegasnya. 

Rusli Sunali menyampaikan, tuntutan mahasiswa, pertama, terkait kesejahteraan buruh dan karyawan di Luwu, terkait dengan insiden meninggalnya karyawan PT SGS dan perusahaan Wings Group di Kecamatan Bua.

Saat dikonfirmasi, Manager BMS Zulkarnaen mengakui telah WO dari forum, ia melakukan hal tersebut karena menganggap rapat tersebut unfaedah.

“Daripada debat kusir saya mending Walk Out,” ujarnya melalui WA. (kartini)