Berdayakan Pemuda, Semen Tonasa Cetak Pengusaha Muda

  • Whatsapp
Berdayakan Pemuda, Semen Tonasa Cetak Pengusaha Muda

PANGKEP,UPEKS.co.id— Bisnis sablon memang tidak pernah terpikirkan oleh kebanyakan orang. Karena bisnis ini kurang populer di masa kini, terlebih lagi untuk para pemuda yang umumnya berorientasi mencari pekerjaan. Begitu pula banyak yang tidak tahu juga bahwa bisnis ini bisa sangat menguntungkan. Terutama bagi usaha yang melayani produksi skala besar untuk perusahaan misalnya.

Namun berbeda dengan Kerukunan Pemuda Mahasiswa Bontoa (KPMB). Mereka tetap eksis menjalani bisnis percetakan sablon baju kaos ini meski di tengah kondisi iklim bisnis yang menurun akibat Pandemi Covid-19 ini. 

Bacaan Lainnya

Usaha percetakan dan sablon yang dijalani oleh para pemuda Bontoa ini adalah hasil dari bantuan alat sablon serta pelatihan percetakan dan sablon yang diinisiasi oleh PT Semen Tonasa melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) beberapa tahun yang lalu.

Andi Muh. Said Chalik selaku GM Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa menerangkan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kontribusi perusahaan dalam rangka membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Sebagai bagian dari keluarga besar Semen Indonesia Group yang juga memiliki misi sosial, perusahaan sangat mendukung remaja dan pemuda yang memiliki tekad serta kemauan keras untuk menjadi pengusaha sukses. Oleh karena itulah, beberapa tahun lalu kami menyerahkan bantuan peralatan sablon tersebut serta memberikan pelatihan teknis kepada mereka untuk meningkatkan hard skill maupun soft skillnya,” katanya.

“Ini merupakan bentuk kontribusi nyata PT Semen Tonasa dalam upaya membantu memberdayakan masyarakat sekitar, utamanya para remaja dan pemuda kreatifnya. Diharapkan dengan adanya bisnis yang mereka jalankan, dapat membantu mengangkat perekonomian pribadi maupun keluarga. Yang pada akhirnya dapat mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia, khususnya di Kabupaten Pangkep”, tambahnya.

Sementara itu, Muh. Duhri Ananta yang akrab disapa Anang, mahasiswa di salah satu peguruan tinggi di Makassar dan juga sebagai salah satu penanggung jawab percetakan ini sangat menyambut baik program yang diinisiasi oleh PT Semen Tonasa ini.

“Saya berharap apa yang dilakukan PT Semen Tonasa  dapat menginspirasi perusahaan lain yang berdomisili di Pangkep, untuk dapat turut membantu para pelaku usaha kecil dan Menengah Sehingga dapat berkembang dan menciptakan peluang kerja baru,” ucapnya.

Disinggung mengenai orderan, Anang mengaku selain menerima order dari wilayah sekitar, mereka juga mendapat order pesanan baju kaos dari PT Semen Tonasa sendiri. Atas bantuan tersebut, Anang pun mengaku amat bersyukur sekaligus berterima kasih kepada PT Semen Tonasa. (sah)