IKA Unhas, Pemprov dan CSR Gelar Aksi Peduli Lingkungan

  • Whatsapp
IKA Unhas, Pemprov dan CSR Gelar Aksi Peduli Lingkungan

MAJENE, UPEKS.co.id— IKA Unhas Korwil Sulbar bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Sulbar, Forum CSR Sulbar menggelar “Aksi Peduli Lingkungan” di Desa Kabiraan, Kecamatan Ulumanda, Majene, Jumat 4 Maret 2022. Aksi itu berupa, penanaman 1.500 pohon, tebar 100 ribu benih lamtoro dan bakti sosial.

Ketua IKA Unhas Korwil Sulbar, M Idris DP mengatakan, salah satu visi organisasi IKA Unhas Korwil Sulbar adalah terkait penyelematkan lingkungan. Kegiatan penanaman pohon, tebar benih lamtoro dan baksos ini sudah direncanakan sebelumnya dan menjadi bagian agenda kerja pengurus Ika Unhas. Yang mana dalam pelaksanaannya, Ika berkolaborasi dengan Pemprov dan CSR Sulbar.

Bacaan Lainnya

Kunjungan Ika Unhas ke Ulumanda, sambung M Idris sekaligus juga adalah kunjungan silaturahmi. Untuk mengingatkan diri kita sendiri serta saudara saudara kita di Ulumanda akan pentingnya mencegah penebangan pohon serta senantiasa menumbuhkan budaya menanam pohon demi kelestarian lingkungan.

‌Ia mengungkapkan, saat dirinya beberapa kali ke Ulumanda menggunakan helikopter pasca gempa bumi tahun lalu, sangat jelas terlihat telah terjadi longsor di banyak gunung, nampak seperti batang pohon yang dikuliti. “dulu sungai ulumanda itu sungai besar, debitnya banyak, arusnya deras terdengar keras, tetapi tadi saya kesana sudah berbeda sekali. Debit air di hulu sekarang sudah berkurang” ujar M Idris.

M Idris yang juga Sekprov Sulbar menambahkan, Pemprov Sulbar melalui Dinas Kehutanan akan lebih menggiatkan kegiatan pengawasan dan pencegahan penebangan pohon secara liar di Ulumanda. Untuk maksud tersebut, Dinas Kehutanan akan membangun portal di jalan dengan tujuan memantau dan mengawasi pergerakan pengangkutan kayu.

Pengangkutan kayu, kata M Idris harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Yang melanggar atau tak patuh, tak akan dibiarkan lewat dan akan ditindaki. “Untuk memaksimalkan fungsi portal, Pemprov Sulbar akan menerjunkan polisi kehutanan di Ulumanda. direncanakan juga akan menerjunkan brimob ditahap tahap awal” terangnya.

Kegiatan aksi peduli lingkungan juga dirangkaikan dengan sosialisasi tanaman aren. Dengan narasumber Ketua Asosiasi Pengusaha Aren Sulawesi Barat. Masyarakat Ulumanda sangat antusias mengikuti sosialisasi tersebut. (rls)