Jika Terpilih Nakhodai KONI Sulsel, Yasir Machmud Hibahkan Sembilan Perusahaan sebagai Bapak Angkat Cabang Olahraga

  • Whatsapp
Jika Terpilih Nakhodai KONI Sulsel, Yasir Machmud Hibahkan Sembilan Perusahaan sebagai Bapak Angkat Cabang Olahraga

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Pendaftaran Bakal Calon (Balon) Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan (Sulsel) Periode 2022-2026 akhirnya ditutup, Jumat (18/2/2022) hari ini.

Bakal calon Ketua KONI Provinsi Sulsel, Yasir Machmud mengembalikan berkas pendaftaran dengan menyertakan dukungan dari 13 Cabang Olahraga (Cabor) dan 8 KONI Kabupaten/kota ke Panita Musprov.

Bacaan Lainnya

Yasir didampingi puluhan timnya dan sejumlah ketua dan perwakilan cabang olahraga. Sebelum ke Kantor KONI, Yasir Machmud terlebih dahulu menunaikan Shalat Jumat dan doa bersama di Masjid IMMIM.

Usai mengembalikan berkas, Yasir Machmud kepada sejumlah media mengatakan bahwa dukungan tersebut hanya sebatas syarat pendaftaran. Adapun pertarungan sesungguhnya pada Musyawarah Provinsi (Musprov) nantinya.

“Jadi kalau kami sudah dinyatakan lolos sebagai calon, maka kami akan melakukan kerja-kerja dan mendekati seluruh KONI daerah,” katanya.

Yasir optimistis dukungan kepada dirinya akan terus mengalir setelah menyampaikan visi misinya dalam membangun kekuatan olahraga di Sulsel.

“Visi misi kami sudah jelas. Kami ingin menjadikan KONI sebagai rumah besar dan nyaman bagi seluruh cabang olahraga di Sulsel. Terlebih bisa menjadikan KONI Sulsel 5 besar. Karena jumlah penduduk Sulsel terbesar ke 7,” tuturnya.

Lebih jauh, Yasir menyatakan bahwa saat ini Sulsel dipilih menjadi daerah pertama dari 10 daerah yang ditargetkan untuk menjalankan Desain Besar Olharaga Nasional (DBON).

Hal itu diharapkan Menteri Pemuda dan Olahraga karena Sulsel merupakan salah satu sentra penghasil atlet berbakat di Tanah Air. Semangat itu mesti dijadikan dasar bagi pengurus KONI Sulsel untuk melakukan percepatan terhadap lahirnya kebijakan dan regulasi yang dapat menguatkan posisi dunia olahraga di Sulsel.

“Jika kelak kami terpilih, maka hal mendasar yang kami lakukan adalah menjadikan momentum tersebut segera bersinergi secara vertikal dengan KONI daerah, Pemerintah Provinsi Sulsel, Pemerintah Pusat bersama KONI Pusat dalam rangka penguatan DBON,” paparnya.

Yasir pun memastikan, KONI Sulsel kelak akan bersinergi dan bekerjasama dengan perusahaan milik pemerintah, baik BUMN maupun BUMD serta perusahaan swasta untuk menjadi mitra sejajar dan sebagai bapak angkat bagi cabang olahraga demi melahirkan pembiayaan serta pendanaan bagi pembinaan atlet di cabang olahraga tertentu.

“In Syaa Allah jika saya terpilih, maka YASIKA Grup yang menaungi sembilan anak perusahaan akan kami hibahkan untuk menjadi bapak angkat cabang olahraga yang membutuhkan perhatian dalam rangka pembinaan atlet,” tegasnya.

Kemudian, Yasir juga ingin mengubah mindset untuk pengelolaan KONI Sulsel dengan pola modern dan terstruktur.”Tentunya akan kami mulai dari lingkungan kami, dan selanjutnya akan menjadi contoh bagi perusahaan daerah dan swasta serta mitra sejajar lainnya,” katanya.

Yasir mengaku sangat prihatin melihat peringkat Sulsel setiap Pekan Olahraga Nasional (PON) yang terus mengalami penurunan. Jika diberikan amanah, maka Yasir berjanji akan memberikan perhatian khusus seluruh Cabor sehingga atlet bisa bersemangat. “Pastinya ada perhatian khusus agar para atlet nanti bisa bersemangat,” jelasnya. (mah)