Bagian TU Kanwil Gelar Rakor dan Evaluasi

  • Whatsapp
Bagian TU Kanwil Gelar Rakor dan Evaluasi

BULUKUMBA,UPEKS.co.id— Pasca Upacara Hari Amal Bhakti (HAB) ke 76 Kementerian Agama RI tingkat Prov. Sulsel Tahun 2022, Bagian Tata Usaha Kanwil beserta jajarannya langsung tancap gas menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gedung PLHUT Kemenag Kab. Bulukumba ini menghadirkan Kakanwil, Kabag TU, dan Kasubag TU Kemenag Kab /Kota se Sulsel serta diikuti oleh seluruh karyawan dijajaran Bagian Tata Usaha yakni Subbag Umum dan Humas, Ortala dan KUB, Kepegawaian dan Hukum, Perencanaan dan Keuangan. 

Bacaan Lainnya

Rapat Koordinasi dan Evaluasi  Bagian Sekretariat tingkat Kanwil Kemenag Prov. Sulsel Berlangsung  dari tanggal 7 s.d 9 Januari 2022.

Dalam Arahannya Usai membuka secara resmi kegiatan Bagian Tata Usaha, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Khaeroni meminta kesemua jajaran Bagian Tata Usaha agar 

Mencermati bangunan anggaran yang ada di satkernya masing masing, khususnya anggaran yang menjadi program prioritas Kemenag RI, Khususnya terkait Pendidikan Agama dan Keagamaan, Revitalisasi KUA, Moderasi Beragama, Digitalisasi Layanan, Kemandirian Pesantren, Peta Keagamaan (Religiousity Indeks)

Sain itu, Kakanwil juga dengan Tegas meminta kepada Kakankemenag agar tidak merekomendasikan dan tidak menerima rekomendasi PNS/CPNS yang tidak memenuhi syarat pindah / mutasi.

Yang lain, Khaeroni tegaskan agar sampai tgl 31 Desember baik ASN/Non ASN Kemenag Sulsel agar dipastikan sudah Divaksin (kedua), begitupun yang ingin naik pangkat harus melampirkan bukti Vaksin dan memiliki Sertifikat Pengendalian Gratifikasi, hal ini dalam rangka memastikan Kemenag menjadi garda terdepan dalam mendukung program pemerintah.

Khusus untuk Bagian perencanaan, Kakanwil mint agar mengutamakan program prioritas Kemenag yang memiliki implikasi langsung dengan umat, serta menghindari Pagu Minus, karenanya data harus diperbaiki dan terintegrasi.

Khusus bagian Humas, Kakanwil meminta agar seluruh aktivitas kantor diberitakan, dipublikasikan dan didokumentasikan, utamanya kegiatan yang memiliki implikasi terhadap kebijakan publik dengan angel yang beragam yang disajikan dengan kreatif dan inovatif.

Khaeroni juga menyoroti tampilan Kantor yang menurutnya Harus Selalu Bersih, Rapi dan Wangi, demi kenyamanan Kerja dalam memberikan  layanan publik, serta menjamin Efesiensi penggunaan alat elektronik, Kantor juga Harus Informatif, agar masyarakat mudah mendapatkan layanan informasi, Pungkasnya.

Senada dengan Kakanwil, Kabag TU  Kanwil H. Fathurrahman meminta seluruh pihak agar berkomitmen bersama untuk mewujudkan Kanwil masuk dalam kategori WBK/WBBM agar predikat Zona Integritas bisa diwujudkan, Caranya simpel, 

Jangan lagi ada temuan BPK/Itjen di Satker terkait apapun, dan konsisten bekerja sesuai SOP dan Tupoksi, Pinta Fathurrahman.

Tahun 2022 ini Sulsel akan menjadi salah satu pilot project dalam pencanangan Tahun Toleransi serta Tuan Rumah Pospenas sejitar bulan Juni Juli 2022, mohon kerjasama dan partisipasinya agar bisa mensukseskan kedua event Nasional Tersebut.

H. Fathurrahman Menginginkan adanya Linearitas program yang ada di Kanwil dan Kemenag Kab/Kota.

Usai Kakanwil memberikan arahan, Masing masing Subbag di lingkup Bagian Tata Usaha Kanwil satu persatu memaparkan program kerja dan Kegiatannya masing masing serta merumuskan beberapa rekomendasi dari masukan peserta Rakor.

Sekedar informasi Realisasi Anggaran Tahun 2021 untuk

Kemeng sulsel sebesar 106, 62 persen sedangkan di tingkat Kanwil sebesar 98,53 persen.

“Semoga di tahun ini, realisasi Anggaran bisa lebih baik dan menjadi penyumbang Opini WTP bagi Kemenag secara Nasional”, Harap Fathurrahman. (rilis)