Bupati Bone Serahkan Bantuan Pendidikan dan Produktif Baznas Kabupaten Bone

  • Whatsapp
Bupati Bone Serahkan Bantuan Pendidikan dan Produktif Baznas Kabupaten Bone

 

Watampone, Upeks.co.di–Dalam upaya mencapai tujuan pengelolaan zakat, dibentuk Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang berkedudukan di ibu kota negara, BAZNAS provinsi, dan BAZNAS kabupaten/kota. BAZNAS merupakan lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri. BAZNAS merupakan lembaga yang berwenang melakukan tugas pengelolaan zakat secara nasional.

Bacaan Lainnya

Zakat wajib didistribusikan kepada mustahik sesuai dengan syariat Islam. Pendistribusian dilakukan berdasarkan skala prioritas dengan memperhatikan prinsip pemerataan, keadilan, dan kewilayahan. Zakat dapat didayagunakan untuk usaha produktif dalam rangka penanganan fakir miskin dan peningkatan kualitas umat apabila kebutuhan dasar mustahik telah terpenuhi.

Pengurus BAZNAS Kabupaten Bone yang dilantik oleh Bupati Juni 2017 lalu terus berupaya memaksimalkan pengumpulan untuk mencapai tujuan membuat kehidupan mustahik lebih baik dengan 5 program pendistribusian dan pendayagunaan yaitu kemanusiaan, kesehatan, pendidikan, ekonomi serta dakwah dan advokasi.

Kamis (23/12/2021), Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si menyerahkan bantuan biaya pendidikan Rp. 140.500.000,- kepada 193 orang dan Rp. 84.000.000,- bantuan usaha produktif kepada 28 orang dengan berbagai bentuk usaha seperti usah kuliner, sembako, menjahit dll.

Bupati Bone mengapresiasi program BAZNAS akhir tahun ini yang secara signifikan bisa membantu penerima manfaat. Laporan dari Ketua BAZNAS Drs. H. Zainal Abidin yang menyampaikan target 2021 berdasarkan RKAT dan pencapaiannya hingga akhir Desember memberi gambaran bahwa BAZNAS itu bekerja berdasarkan rencana. Pengumpulan serta Pendistribusian dan pedayagunaan direncanakan untuk kemudian diusahakan untuk dicapai.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bone Dr. H. Wahyuddin Hakim, M.Hum juga memberi apresiasi atas pencapaian BAZNAS. Sejak awal beliau bertugas di Bone juga mensupport segala kegiatan BAZNAS.

Semoga bantuan pendidikan memberi semangat kepada seluruh penerima untuk lebih serius belajar sehingga bisa menjadi pelajar/mahasiswa berprestasi. Begitu pula dengan penerima bantuan usaha produktif, semoga usahanya semakin berkembang dan berkah. Bila saat ini mereka menjadi penerima, semoga berikut minimal menjadi munfik yang bersedekah sesuai kemampuannya untuk kemudian digunakan membantu mustahik lainnya.

Turut hadir pada kegiatan penyaluran WK 1 Farida Hanafing, ST, WK 2 Dr. Hj. Hukmiah Husain, Lc., M.Ag serta WK 3 Drs. H. Maharajuddin dan seluruh staf BAZNAS. Terima kasih kepada relawan yang tulus membantu terlaksananya kegiatan dan khusus terima kasih serta doa yang dalam untuk seluruh muzaki/munfik yang senantiasa tunaikan zakat, infak dan sedekahnya melalui BAZNAS Kab. Bone.(rls)