Kukuhkan 1.000 Wisudawan, Rektor UNM: Tunjukkan Anda Sebagai Ilmuwan dan Profesional

  • Whatsapp
Kukuhkan 1.000 Wisudawan, Rektor UNM: Tunjukkan Anda Sebagai Ilmuwan dan Profesional

 

MAKASSAR, UPEKS.CO.ID Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali mengukuhkan wisudawan dan wisudawati periode November 2021 di Ballroom Teather Menara Pinisi UNM, Jalan AP Pettarani, Makassar, Kamis (4/11/2021).

Bacaan Lainnya

Wisuda yang dilaksanakan secara blended, menggabungkan luring dan daring, diikuti 1.000 wisudawan masing-masing: Program Diploma 26 orang, Program Sarjana 804 orang, Program Magister 161 orang, dan Program Doktor 9 orang.

Dari 1.000 orang lulusan yang di wisuda hari ini, terdapat 820 orang program kependidikan dan 180 orang program non-kependidikan. Dengan demikian, sampai pada wisuda hari ini, lulusan UNM telah berjumlah 140.032 alumni.

Dalam sambutannya, Rektor UNM Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN, Eng menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati serta para keluarga yang telah berbahagia.

“Saya berharap agar anak-anakku mempersiapkan diri dengan baik untuk mengabdikan diri di masyarakat. Tunjukkanlah jati diri sebagai ilmuwan yang profesional dalam bidang ilmu yang digeluti, sehingga dapat menjadi alumni Universitas Negeri Makassar yang berkualitas dan mampu bersaing dalam melaksanakan tugas di tengah masyarakat,” ujarnya.

Rektor juga meminta kepada wisudawan agar harus memiliki daya juang dan dedikasi yang tinggi dan tidak mudah menyerah serta memiliki budi pekerti dan akhlak yang mulia.

“Saya mengimbau para wisudawan, jika kelak anda melangkahkan kaki meninggalkan kampus tercinta ini, ke manapun ayunan langkah diarahkan, serta jalan manapun yang Anda tempuh dalam perjalanan hidup kelak, kibarkanlah selalu panji-panji almamater anda, Universitas Negeri Makassar,” ungkap Guru besar dibidang pertanian ini.

“Tanamkanlah rasa memiliki serta pupuklah rasa bangga sebagai alumni Universitas Negeri Makassar yang pada saat sekarang telah menyandang predikat sebagai perguruan tinggi unggul yang berakreditasi,” tambahnya.

Kepada Ikatan Alumni Universitas Negeri Makassar, kata Rektor, dirinya menitipkan harapan, kiranya para alumni baru ini dapat dibina dengan sebaik-baiknya, sehingga terjalin hubungan yang baik sesama alumni dan antara alumni dengan almamaternya.

“Saya yakin bahwa sudah banyak di antara alumni Universitas Negeri Makassar yang telah sukses bekerja dan menjadi entrepreneur. Untuk itu pada kesempatan yang berbahagia ini saya menitipkan pula kiranya alumni baru ini dapat dibantu dan diarahkan memasuki dunia kerja sesuai dengan kompetensi dan bidang ilmu yang dimiliki,” pungkas Prof Husain.

Tidak hanya itu, Rektor UNM memberi apresiasi secara khusus kepada Kepala BPKP Sulawesi Selatan, Dr. H. Arman Sahri R Harahap, SE, Ak, MM, CFE, CFrA, CA, QIA atas penyelesaian studi doktoral di Kampus yang bermotto tetap jaya dalam tantangan ini.

“Saya memberi apresiasi kepada Kepala BPKP Provinsi Sulawesi Selatan bapak Arman Sahri Harahap. Selamat atas keberhasilan yang telah dicapai karena telah menyelesaiakan pendidikan di almamater tercinta di UNM dan secara resmi telah menyandang gelar akademik,” ucap Prof Husain.

Pada kesempatan ini pula, prosesi wisuda dihadiri langsung oleh Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNM, HM Nurdin Halid memberikan pidato alumni sekaligus memotivasi para wisudawan dan wisudawati.

 

“Selamat kepada anak-anakku yang telah di wisuda hari ini, selamat bergabung di dalam lingkaran alumni UNM. Bawalah nama baik almamater ini, tantangan anda kedepan sangatlah besar. Bangsa ini dan dunia membutuhkan gagasan dan karya-karya anda,” terangnya. (rls)