Gandeng KPA Bipak, Ketua PP Lutra Gerakkan Pemuda Tanam Pohon di Bantaran Sungai

  • Whatsapp
Gandeng KPA Bipak, Ketua PP Lutra Gerakkan Pemuda Tanam Pohon di Bantaran Sungai

MASAMBA, UPEKS.co.id- Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) Luwu Utara (Lutra), Andi Abdullah Rahim, mengajak seluruh masyarakat, khususnya kalangan pemuda untuk melakukan gerakan nyata guna mencegah banjir dan longsor. Salah satunya dengan menjaga dan merawat lingkungan, melalui aksi tanam bibit pohon di bantaran sungai lingkup Kabupaten Lutra.

Tidak sekadar berbicara, Andi Rahim bahkan memimpin langsung aksi jaga dan rawat lingkungan tersebut. Sosok yang aktif melakukan aksi sosial dan kemanusiaan itu menggerakan pemuda dari PP dan Kelompok Pecinta Alam (KPA) Bipak Lutra untuk melakukan penanaman bibit pohon di Salu Kula, Desa Baloli, Kecamatan Masamba, Sabtu (6/11).

Bacaan Lainnya

“Kami melakukan penanaman pohon di sepanjang (bantaran-red) sungai wilayah Masamba ini. Mudah-mudahan ini menjadi bagian dari usaha kita untuk melakukan pencegahan banjir, yang selama ini terjadi,” kata Ketua Bappilu Gelora Sulsel itu.

Aksi penanaman pohon di bantaran Salu Kula memang penting. Apalagi, Salu Kula merupakan hulu Sungai Masamba, yang kerap menjadi ancaman tatkala intensitas hujan meningkat. Sungai Masamba merupakan salah satu sungai yang meluap dan mengakibatkan tragedi banjir bandang yang merenggut nyawa puluhan orang pada 13 Juli 2020.

Lutra diketahui belum pulih sepenuhnya pasca-bencana tersebut. Olehnya itu, guna mengantisipasi tragedi berulang, maka langkah preventif perlu dikedepankan. Andi Rahim menginginkan kalangan pemuda mengambil peran dalam membantu mencegah banjir bandang dan longsor, maupun bencana hidrometeorologi lainnya di Lutra. Apalagi, kini segera memasuki musim hujan.

“Tentu apa yang kita lakukan ini harus terus ditingkatkan dan dibutuhkan kesadaran pemuda untuk melakukannya. Terlebih, sebenarnya ini kan upaya menyelamatkan umat dan itu adalah hal yang sangat penting. Nah, pemuda harus ambil bagian dalam gerakan tersebut,” jelas pengusaha nasional sukses itu.

Lebih jauh, Andi Rahim menyampaikan aksi tanam bibit pohon tersebut juga diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Pemuda Pancasila dan HUT ke-12 KPA Bipak Lutra. Melalui kegiatan tersebut, pihaknya juga ingin menegaskan bahwa pemuda bisa diandalkan dan mampu berkontribusi dalam membangun daerah.

Sementara itu, perwakilan dari KPA Bipak Lutra, Aras Wijaya, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Andi Rahim maupun MPC PP Lutra atas kolaborasi melakukan aksi jaga dan rawat lingkungan. Diakuinya Ketua Apindo Lutra itu telah sangat banyak membantu pihaknya dalam menyukseskan kegiatan penanaman bibit pohon di bantaran Salu Kula.

“Terima kasih kepada Andi Rahim dan Pemuda Pancasila yang telah banyak membantu kami dalam melakukan penanaman bibit pohon di bantaran Sungai Salu Kula. Mudah-mudahan dengan penanaman pohon ini, kita bisa menjaga lingkungan kita agar lebih baik lagi ke depannya,” pungkasnya. (mah)