Bersalin Lancar, Urus JKN-KIS Juga Lancar Berkat PANDAWA

  • Whatsapp
Bersalin Lancar, Urus JKN-KIS Juga Lancar Berkat PANDAWA

 

Mamuju, upeks.co.id – Anak merupakan anugerah dalam sebuah keluarga, kehadiran seorang anak sangatlah berarti. Tidak dapat dibantah jika kehadiran anak membuat keluarga terasa lebih hidup dan bahagia. Hal ini pun yang dirasakan oleh Abdul Syukur (38) yang baru saja dikaruniai anak yang ketiga dalam keluarganya.

Bacaan Lainnya

Setelah kelahiran anak ketiga, Abdul tidak langsung mendaftarkan anaknya karena saat itu di tahun 2020 tingkat pandemi Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Dirinya dan keluarga pun hanya melakukan proses kelahiran di bidan keluarga.

“Awalnya saya berencana mendaftarkan anak saya sebagai tanggungan BPJS Kesehatan peserta dari segmen Pegawai Negeri Sipil (PNS) setelah pandemi ini mengalami penurunan kasus,” ungkapnya.

Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Sulawesi barat (Sulbar) ini baru berani melakukan pendaftaran anak ketiganya ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Mamuju pada Selasa (14/09). Di sana, ia diinformasikan agar melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi PANDAWA.

“Ternyata inovasi dari BPJS Kesehatan ini sangat baik, tahu begitu saya tidak perlu datang ke Kantor BPJS kesehatan. Untung saya mengetahui informasi ini, jadi saya bisa memberitahukan informasi ini kepada keluarga dan teman-teman kerja,” ungkap Abdul.

Dengan PANDAWA banyak pelayanan administrasi yang bisa dilakukan tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan. Pelayan tersebut di antaranya pendaftaran peserta, penambahan anggota keluarga, pengaktifan kartu kembali, perubahan/perbaikan data, perubahan FKTP, pengurangan anggota keluarga, dan perubahan kelas rawat bagi peserta yang belum membayar iuran pertama.

“Jadi banyak sekali ya ternyata pelayanan BPJS Kesehatan yang dilakukan melalui PANDAWA ini, saya jadi semakin senang dan tentunya dengan adanya inovasi tersebut jadi mengurangi aktivitas bepergian ke luar rumah,” katanya.

(AD/af)