Program Khitanan Massal Yayasan Hadji Kalla Untuk Anak-Anak Dhuafa Di Wilayah Kecamatan Tamalate – Makassar

  • Whatsapp
Program Khitanan Massal Yayasan Hadji Kalla Untuk Anak-Anak Dhuafa Di Wilayah Kecamatan Tamalate - Makassar

 

MAKASSAR, Upeks.co.id–Bidang Kemanusiaan, Lingkungan dan Kesehatan Yayasan Hadji Kalla, lakukan Khitanan Massal untuk anak-anak dhuafa di Kota Makassar. Program Khitanan Massal ini adalah kegiatan pertama di tahun 2021 yang dilaksanakan di SD Inpres Jongaya, Kelurahan Pa’baengbaeng, Kecamatan Tamalate, pada ahad (4/7/2021).

Bacaan Lainnya

Program ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Yayasan Hadji Kalla setiap tahunnya. Meskipun masih dalam keadaan pembatasan kegiatan karena pandemi Covid-19, namun kegiatan tersebut masih bisa tetap dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Para peserta khitanan yang datang diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum memasuki area sekolah tempat dilaksanakannya khitanan.

Pada kegiatan ini, Yayasan Hadji Kalla bekerjasama dengan Cranial Sehat Indonesia, di mana komunitas ini telah menjalin kerjasama dengan Yayasan Hadji Kalla selama lebih dari 3 tahun dan telah menjadi implementor program khitanan yang rutin di laksanakan.

Sultan, M.Kes, selaku koordinator lapangan dari Cranial Sehat Indonesia menjelaskan bahwa metode sirkumsisi (khitan) yang dikerjakan oleh timnya adalah dengan menggunakan laser, di mana alat-alatnya sudah memenuhi standar sirkumsisi internasional dan dijamin aman untuk anak-anak.

Kepala Sekolah SD Inpres Jongaya, Kelurahan Pa’baengbaeng, Ibu Faridah, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan di sekolahnya akan memberikan dampak yang baik bagi anak untuk bisa hidup lebih sehat setelah melakukan khitan, Ia juga menuturkan bahwa ada puluhan anak yang bersekolah di SD Inpres Jongaya, yang menjadi peserta dari kegiatan tersebut.
Muhammad Ali, Ketua RT dari Kelurahan Parangtambung, Kecamatan Tamalate yang warganya ikut menjadi peserta dalam kegiatan ini menuturkan bahwa program khitanan massal gratis dari Yayasan Hadji Kalla ini bisa sangat banyak membantu warga di wilayahnya yang merupakan masyarakat dhuafa, di wilayahnya sendiri ada 10 anak yang ikut dalam program khitanan massal Yayasan Hadji Kalla.

 

“Saya sangat bersyukur ada program sunatan massal gratis ini dari Yayasan Hadji Kalla karena sangat membantu warga kita yang memang adalah kalangan dhuafa agar anaknya bisa disunat, kita tau sendiri sekaraang biaya sunat itu cukup mahal di puskesmas sehingga kegaiatan hari ini tentu bisa sangat membantu warga kami, terutama yang masuk golongan menengah kebawah. Saya mewakili warga mengucapkan banyak terima kasih kepada Yayasan Hadji Kalla atas kegiatannya hari ini dan kami juga berharap bahwa program ini bisa terus ada supaya bisa lebih banyak anak dhuafa yang bisa kita bantu”, pungkasnya.

Sementara itu, Abdul Hakim, selaku Manager Bidang Kemanusiaan dan Lingkungan Yayasan Hadji Kalla; menjelaskan bahwa dengan melalui program khitanan massal ini, diharapkan bisa banyak dari keluarga dhuafa di wilayah Kota Makassar yang terbantu dan anak-anaknya bisa sehat setalah melaksanakan khitan.

 

“Jadi hari ini kita bisa melaksanakan kegiatan rutin kita yang tiap tahun kita jalankan, yakni khitanan massal gratis dan bisa sesuai target, yakni 200 anak di wilayah kecamatan Tamalate dan sekitarnya. Saya berharap melalui program ini, kita bisa membantu para orang tua dalam meringankan beban biaya khitanan yang kita tahu bahwa biayanya cukup tinggi di masa sekarang. Harapan lain, adalah bahwa anak-anak setelah khitan ini mereka akan tumbuh dengan sehat”, jelas Abdul Hakim.

Di tahun 2021 ini, kegiatan khitanan massal dari Yayasan Hadji Kalla ini bukan hanya akan dilaksanakan di Kota Makassar, namun juga akan dilaksanakan di 9 wilayah desa binaan yang masuk dalam program Desa Bangkit Sejahtera, yakni di wilayah Kabupaten Luwu dan Provinsi Sulawesi Barat pada Juli-Agustus 2021 mendatang.(rls)