Kodim 1426/Takalar Gelar Vaksinasi Tahap Kedua

  • Whatsapp
Kodim 1426/Takalar Gelar Vaksinasi Tahap Kedua

TAKALAR, UPEKS.co.id — Sejumlah langkah telah dilakukan pemerintah untuk mempercepat cakupan vaksinasi kepada seluruh masyarakat agar diperoleh Herd Immunity.

Pelaksaan vaksinasi tahap kedua ini kembali digelar di Lapangan Makkatang Dg. Sibali Kel. Kalabbirang Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar

Bacaan Lainnya

Vaksinasi tahap kedua ini diperuntukkan bagi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi pertama pada tanggal 26 sampai 29 Juni 2021 lalu.

“Sesuai dengan Keputusan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit No HK.02.02/4/423/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka penanggulangan pandemi Covid-19,” jelas Dandim 1426/Takalar.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua dapat dilakukan di tempat pelayanan berbeda.

“Agar tidak membingungkan masyarakat, lokasi vaksin tahap pertama dan kedua masih dilakukan di tempat yang sama,” ujarnya.

Dandim 1426/Takalar Letkol Czi Catur Witanto, S.I.P., M.Si., M.Tr, (Han) mengatakan Pemberian dosis kedua memang dapat dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan yang telah ditetapkan sebagai tempat pelayanan vaksinasi yang terdekat dengan domisili peserta yang bersangkutan,

“Jika misalnya pos vaksin yang pertama sudah tidak memberikan layanan vaksinasi lagi. Begitu juga untuk kasus-kasus yang tunda untuk pelaksanaan vaksinasi kedua karena sedang sakit, demam atau pun juga kondisinya sedang tidak sehat,” terangnya.

Begitu juga mungkin juga ada yang positif Covid-19 sehingga harus menunda pemberian vaksinasi kedua maka tentunya para peserta vaksinasi ini dapat melakukan vaksinasi di tempat Fasyankes yang terdekat dengan domisilinya.

“Hasil layanan vaksinasi harus tetap diinput ke dalam PCare Vaksinasi meskipun tempat vaksinasi dosis pertama dan kedua berbeda. Akan tetapi walaupun ada ketentuan seperti itu, masyarakat jangan sengaja untuk tidak datang vaksin tahap kedua ini,” tambahnya

Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua selama empat hari mulai sejak Sabtu (24/7/2021) hingga Selasa (27/7/2021).

Orang nomor satu di Kodim 1426/Takalar, kembali mengingatkan bahwa pasca menerima Vaksinasi Covid-19, masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M.

“Saya telah memerintahkan Babinsa untuk mengingatkan masyarakatnya untuk segera datang melakukan vaksinasi tahap kedua,” tutup Dandim 1426/Takalar. (Jahar)

 

Pos terkait