Hanya Chat Whatsapp, Peserta JKN-KIS Dilayani dengan Cepat

  • Whatsapp

 

Bacaan Lainnya

 

Palopo, upeks.co.id – Pandemi masih membuat masyarakat membatasi diri untuk beraktivitas, termasuk bepergian dalam rangka mengakses layanan publik. Tidak sedikit peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang juga bimbang untuk mengakses layanan administrasi di Kantor BPJS Kesehatan.

Salah satunya adalah Mariska (25), peserta JKN-KIS yang ingin mengalihkan segmen kepesertaannya. Memikirkan antrean peserta di Kantor Cabang BPJS Kesehatan di masa pandemi seperti sekarang sempat membuatnya ragu dan berniat menunda untuk mengurus pengalihan segmen kepesertaan dari yang sebelumnya Penduduk yang Didaftarkan oleh Pemerintah Daerah (PD Pemda) menjadi tanggungan sang suami yang merupakan seorang aparat desa.

“Di masa pandemi sekarang ini sebisa mungkin saya akan menghindari kerumunan atau antrean banyak orang. Tapi memang kebutuhan untuk beraktivitas di luar itu akan selalu ada, apalagi untuk keperluan pengurusan yang berhubungan dengan layanan publik seperti BPJS Kesehatan,” terang Mariska.

Ia pun lega saat mengetahui bahwa BPJS Kesehatan Cabang Palopo menyediakan pelayanan administrasi bagi peserta JKN-KIS di era pandemi ini dengan menghadirkan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA).

PANDAWA merupakan layanan digital dari BPJS Kesehatan yang dapat membantu proses administrasi seperti pendaftaran peserta baru, penambahan anggota keluarga, pendaftaran bayi baru lahir, perubahan jenis kepesertaan, perubahan data identitas, perubahan data golongan dan gaji, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, pengaktifan kembali kartu dan layanan administrasi lainnya.

Mariska menyambut layanan PANDAWA dengan sukacita. Menurutnya layanan seperti ini sangat membantu karena peserta jadi lebih nyaman mengakses layanan administrasi dari BPJS Kesehatan, bahkan dari rumah sekalipun tanpa harus antre. Mariska juga menganggap layanan digital seperti PANDAWA dapat mencegah penularan Covid-19.

“Menurut saya sangat baik layanan PANDAWA ini karena kita jadi tidak perlu antre di Kantor BPJS Kesehatan lagi untuk mengurus keperluan administrasi. Tadi saya cuma chat ke nomor Whatsapp dan tidak terlalu lama menunggu sampai adminnya merespon. Cukup cepat sih. Kalau lewat Whatsapp seperti ini juga kan kita bisa terhindar dari kerumunan banyak orang yang sangat berpotensi terjadi penularan covid-19. Bagus sekali inovasi BPJS Kesehatan ini,” puji Mariska. (rls)

Pos terkait