BPJS Kesehatan Watampone Kuatkan Sinergi Lintas Instansi dalam Penegakan Regulasi JKN-KIS

  • Whatsapp

 

BPJS Kesehatan Watampone Kuatkan Sinergi Lintas Instansi dalam Penegakan Regulasi JKN-KIS

Bacaan Lainnya

 

 

Watampone, Upeks.co.id – BPJS Kesehatan Cabang Watampone menggelar Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Tahap I Kabupaten Bone Tahun 2021, Jumat (11/06). Forum tersebut merupakan sarana koordinasi untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pengawasan dan kepatuhan badan usaha.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan guna menyatukan kesepahaman, sinergi antar lembaga dengan tujuan agar kegiatan yang berkaitan dengan kapatuhan peserta, pemberi kerja ataupun instansi-instansi pemerintah berjalan optimal. Ada 3 poin penting yang menjadi goals dari kegiatan ini yaitu cakupan peserta, penegakan regulasi, pelayanan kepada peserta JKN-KIS,” tutur Kepala Seksi Intel Kejaksaan Negeri Bone, Andi Alamsyah.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Indira Azis Rumalutur menyampaikan bahwa obyek pengawasan kepatuhan jaminan sosial yaitu meliputi kewajiban pendaftaran, kewajiban penyampaian/perubahan data dan kewajiban pembayaran iuran.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 disebutkan bahwa BPJS mempunyai kewenangan melakukan pengawasan dan pemeriksaan atas kepatuhan peserta dan pemberi kerja dalam memenuhi kewajibannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan jaminan sosial nasional,” papar Indira.

Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Selatan Mardiana, mengungkapkan bahwa pengawas Disnaker siap mendampingi BPJS Kesehatan untuk memberikan pembinaan kepada pekerja dan pemberi kerja.

“Keterlibatan selaku pengawas dinas ketenagakerjaan ialah memberikan pendampingan kepada BPJS Kesehatan dan pembinaan kepada pekerja dan pemberi kerja, hingga saat ini Alhamdulillah pemeriksaan yang dilakukan bersama di lapangan belum ada masuk ranah hukum artinya kendala terkait kepatuhan pemberi kerja masih dapat diselesaikan secara persuasif dengan harapan menjaga hubungan yang baik dengan semua pihak,” ujar Mardiana.(jamkesnews)

 

Pos terkait