Tim PKM UNM Gandeng FKKG SD Makassar Gelar Workshop Artikel Ilmiah Populer

  • Whatsapp
Tim PKM UNM Gandeng FKKG SD Makassar Gelar Workshop Artikel Ilmiah Populer

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pascasarjana UNM bekerjasama dengan Forum Kelompok Kerja Guru SD (FKKG SD) Kota Makassar menggelar Workshop Artikel Ilmiah Populer untuk Guru Sekolah Dasar Kota Makassar di Gedung Telkom Balaikota, Makassar, Jumat (18/6/2021)

Tim PKM ini diketuai oleh Dr. Citra Rosalyn Anwar, M.Si dan beranggotakan Dr. Farida Febriati, M.Si. Keduanya juga sekaligus menjadi pemateri pada kegiatan Workshop tersebut dan dibantu oleh Hamsar Hafsat, M.Pd, dan Muhajir S.Pd.

Bacaan Lainnya

Dr. Pantja Nur Wahidin, M.Pd selaku Kabid GTK Dinas Pendidikan Kota Makassar, hadir membuka kegiatan tersebut. Pantja dalam sambutannya mengatakan, menulis perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah dalam masyarakat dan negara. Untuk itu, ia menyebut penulis sebagai problem solver dan guru perlu menjadi penulis untuk menjadi problem solver di sekolahnya.

“Problem solver adalah orang yang mampu menyelesaikan masalah dimana pun berada terutama di sekolahnya masing-masing. Mudah mudahan kita bukan jadi bagian dari sumber masalah,” ujarnya.

Sementara Dr. Citra Rosalyn Anwar, M.Si selaku Ketua PKM mengatakan workshop ini digelar agar guru dapat lebih percaya diri untuk mempublikasikan pengalaman dan pemikirannya lewat tulisan.

“Semua akhirnya bisa membaca ternyata ada guru yang produktif dalam menulis. Sehingga apa yang menjadi pengalaman di lingkungan sekolahnya bisa menjadi pembelajaran untuk orang lain yang mungkin menghadapi situasi yang sama,” ujarnya.

Kegiatan ini tidak hanya melatih guru untuk mahir menulis, namun juga bisa memproduksi konten pembelajarannya sendiri. “Diharapkan mereka bisa menuliskan konten pembelajarannya sendiri. Jadi tidak sekadar mengambil tapi bisa mengembangkan apa yang sudah disiapkan. Misalnya dari pemerintah, dari kurikulum yang ada, atau dari buku-buku yang diterbitkan,” tambah Citra.

Citra juga menekankan jika kegiatan ini sekaligus melatih guru untuk berpikir kritis. “Karena dunia pendidikan adalah tumpuan harapan untuk orang-orang belajar berpikir kritis dan pembiasaan berpikir kritis terutama mereka yang menghadapi generasi alpha, generasi yang penuh pertanyaan,” ujarnya.

Adapun Yusmira, S.Pd, M.Pd selaku Ketua FKKG SD Makassar mengatakan, kegiatan ini dibuat untuk meningkatkan keterampilan menulis para guru. “Karena guru banyak ide di kelas, tapi tidak dituliskan maka tidak tersampaikan. Tapi kalau memiliki keterampilan maka itu bisa tersalurkan dan dibagi,” ujarnya.

“Menulis mampu menginspirasi.
Harapannya, guru memiliki minat dunia kepenulisan mampu menginspirasi praktik dalam kelas atau sekolahnya untuk mereka bagi ke teman teman guru. Kuncinya saling menginspirasi,” tambah Guru SD Negeri Paccinang itu. (jir)