Perda Telah Disepakati, Pilkades Segera Dihelat

  • Whatsapp
Perda Telah Disepakati, Pilkades Segera Dihelat

PANGKEP, UPEKS.co.id — Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang perubahan atas peraturan daerah (Perda) nomor 1 tahun 2016 tentang tata cara pencalonan, pemilihan, pengangkatan, pelantikan dan pemberhentian kepala desa, telah disepakati menjadi peraturan daerah (Perda).

Persetujuan bersama antara eksekutif dan legislatif atas Perda Pilkades ini melalui sidang paripurna di DPRD Pangkep, Kamis (10/6/21).

Bacaan Lainnya

Persetujuan bersama ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau dan ketua DPRD Pangkep Haris Gani disaksikan anggota DPRD dan OPD.

Bupati Pangkep MYL dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pimpinan dan anggota DPRD serta OPD terkait atas persetujuan bersama Ranperda ini menjadi Perda.

Ia mengatakan, dalam rangkaian pembahasan Ranperda ini hingga menjadi Perda pasti terdapat perbedaan pendapat.

“Akan tetapi, perbedaan pendapat itu demi kemajuan daerah kita ini,” ujarnya.

Usai disepakati, Perda ini selanjutnya akan dilakukan fasilitasi ke bagian hukum pemprov Sulsel.

Mantan ketua DPRD Pangkep itu juga menyebut, ada 27 desa yang akan melaksanakan Pilkades. Olehnya itu, dengan adanya Perda ini diharapkan Pilkades berjalan sukses, aman, lancar serta menghasilkan pemimpin pilihan rakyat.

Sementara itu, kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa(DPMPD) Abd Haris menyampaikan, setelah Perda ini selesai. Selanjutnya akan dibuat peraturan bupati (Perbup) sebagai acuan pelaksanaan per tahapan.

Lanjutnya, dasar perubahan Perda ini yaitu adanya keputusan Mahkamah Konstitusi yang menghapus tentang bakal calon Kades berdomisili minimal satu tahun.

“Jadi, seluruh warga negara berhak mencalonkan diri sebagai Kades,” katanya.

Poin kedua, karena adanya pandemi Covid-19 maka pelaksanaan Pilkades harus menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19. (Sah)

 

Pos terkait