Pemda Kolaka Raih Opini WTP Kelima Kalinya Dari BPK RI

  • Whatsapp
Pemda Kolaka Raih Opini WTP Kelima Kalinya Dari BPK RI

 

KOLAKA, UPEKS.co.id–Pemerintah Daerah(Pemda) Kolaka Sulawesi Tenggara(Sultra) kembali meraih penghargaan untuk kelima kalinya Opini Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) dari BPK-RI.
Penghargaan diterima oleh Bupati Kolaka H Ahmad Safei didampingi Ketua DPRD Kolaka H Syaifullah Halik, Sekda Kolaka H Poitu Murtopo, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah(BKAD) Kolaka H Nur Syamsul, Kepala Dinas Inspektorat Kolaka H Mujahidin dan Kepala Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan Setda Kolaka Anas Yusuf berlangsung di kantor perwakilan BPK RI Kendari. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Sultra Andi Sony kepada Bupati Kolaka H Ahmad Safei berlangsung di Kendari pada(2/6/21) di Kendari.
Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah(BKAD) Kabupaten Kolaka H Nur Syamsul dikonfirmasi media melalui selularnya pada(2/6/21) terkait hal itu, menjelaskan bahwa ada lima indikator sehingga Opini Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) ditetap dipertahankan sudah kelima kalinya yakni;
1. Laporan Keuangan Pemerintah Daerah(LKPD) disusun dengan Standar Akuntasi Pemerintah(SAP) berdasar kan PP 71 tahun 2010.
2. Pengungkapan informasi yang jelas dalam LKPD
3. Pemda melaksanakan efektifitas Sistim Pengendalian Intern(SPI) sesuai dengan PP no.60 tahun 2008.
4. Kepatuhan terhadap peraturan perundang undangan.
5. Penyelesaian tindak lanjut atas temuan tahun-tahun sebelumnya.
Dengan terpenuhinya semua kriteria tersebut kata Nur Syamsul sehingga berdasarkan hasil pemeriksaan BPK RI, Kabupaten Kolaka kembali mendapatkan predikat opini WTP dari BPK RI.
“Jadi penghargaan Opini WTP ini sudah berlangsung lima tahun berturut turut diraih Pemda Kolaka sejak tahun 2016 lalu sampai sekarang,”ujar Nur Syamsul.
Selain itu, ia juga menyampaikan apresiasi kepada semua jajaran Organisasi Perangkat Daerah(OPD) atas kerja keras dan kerja cerdas selama ini sehingga Pemda Kolaka kembali meraih opini WTP karena melaksanakan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.(pil)