Desa Pengawasan Bawaslu, Jauhkan Warga dari Politik Uang

  • Whatsapp
Desa Pengawasan Bawaslu, Jauhkan Warga dari Politik Uang
Bawaslu Sulsel menggelar sosialisasi desa pengawasan dan anti politik uang, di desa Alesipitto, Kecamatan Ma'rang, Pangkep, Jumat (18/6/2021).

PANGKEP, UPEKS.co.id — Badan pengawas pemilu (Bawaslu) menggelar sosialisasi desa pengawasan dan anti politik uang, di desa Alesipitto, Kecamatan Ma’rang, Kabupaten Pangkep, Jumat (18/6/2021).

Hadir sebagai pembicara, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar-lembaga Bawaslu Provinsi Sulsel, Amrayadi mengatakan, untuk menjauhkan warga dari politik uang dilakukan tiga pendekatan. Pendekatan agama, pendekatan hukum dan juga pendekatan sosial ekonomi.

Bacaan Lainnya

“Kalau masyarakat sudah sadar dari segi agama, maupun aturan dan sosial ekonomi. Saya kira kalaupun terjadi (politik uang), bisalah diminimalisir,” katanya.

Lanjut Amrayadi, politik uang bukan lagi faktor strata sosial. Sebab, bisa terjadi kepada siapapun termasuk bagi mereka yang ekonominya lebih baik.

Ia juga mengatakan, desa pengawasan dan anti politik uang ini salah satu dari upaya pencegahan politik uang. Selain itu, ada juga segmen kampung awas dan juga kelurahan awas.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Pangkep, Hamsinar Hamid mengatakan, Desa Alesipitto merupakan desa ketiga desa pengawasan. Setelah sebelumnya, telah dilaksanakan di dua desa di wilayah kecamatan kepulauan.

“Sebenarnya, kami ingin menyasar semua wilayah akan tetapi terkendala anggaran. Alesipitto saat ini dipilih karena telah kami koordinasikan dan komunikasikan mulai bupati, camat hingga kepala desa. Kadesnya siap, kita laksanakan di sini,” jelasnya.

Sosialisasi diikuti oleh sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan dan tokoh pemuda. (Sah)