Kajian Pendidikan Karakter Tandai Penutupan Pesantren Ramadhan Virtual UMi

  • Whatsapp
Kajian Pendidikan Karakter Tandai Penutupan Pesantren Ramadhan Virtual UMi

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Hari ke-30 Pesantren Ramadhan Virtual UMI bahas Pendidikan Karakter dengan narasumber,Dr.KH. M.Zain Irwanto, S, MA (Wakil Rektor IV UMI).

Kegiatan dirangkaikan penutupan Pesantren oleh Prof.Dr.Ir.H.Hattah Fattah, MS (Wakil Rektor V UMI).
Hadir Wakil Dekan I FK UMI Dr.dr. Nasruddin A.Mappawere, Psikolog Syahrul, M.Psi, sejumlah Kabid dan KTU UPT PKD, dosen dan mahasiswa UMI, dipandu Host Dr.M.Ishaq Shamad dan Dr.Nurjannah Abna.

Bacaan Lainnya

Dr.KH.M.Zain Irwanto menjelaskan pentingnya Pendidikan Karakter dalam mewujudkan visi dan misi UMI, berilmu amaliah, beramal ilmiah dan berkhlaqul kariymah.

Selain itu, UMI telah mengembangkan 16 Karakter yang diajarkan dan dipraktekkan pada Pencerahan Qalbu UMI, baik luring maupun virtual.

Dikatakannya, pesantren Virtual UMI sebagai wadah silaturrahim ilmu, amal dan akhlaqul kariymah..

Sementara itu Prof. Dr.Ir. Hattah Fattah berterima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, sehingga acara Pesantren Ramadhan Virtual UMI selama 30 hari berjalan lancar.

Ini wadah untuk menyampaikan, bahwa UMI bukan hanya Lembaga Pendidikan, tetapi juga sebagai Lembaga dakwah. Sekali lagi terima kasih kepada para narasumber, host dan semua peserta, atas keikutsertaannya sehingga acara ini sukses.

InsyaAllah ke depan, akan dievaluasi dan dilahirkan berbagai acara/kegiatan yang lebih inovatif dalam mendukung kemajuan UMI, harapnya.

Dr.dr. Nasruddin A.Mappawere juga berterima kasih yang tak terhingga atas dilibatkannya dalam kegiatan pesantren Ramadhan virtual ini, baik sebagai narasumber maupun sebagai peserta.
Ia bahkan sangat bersyukur kepada Allah Swt, atas kesempatan kuliah dan mengabdi di UMI yang mengedepankan akhlaqul karimah dengan Pesantrennya.

Ia tidak bisa membayangkan, seandainya bukan di UMI kuliah, tidak tahu akan ilmunya, apakah bisa lebih dekat dengan Allah Swt. Oleh karena itu, dengan eksistensinya di UMI,

ia sangat terharu diberi kesempatan berdakwah, baik di acara formal, maupun di tempat praktek, sehingga misi dakwah Islam tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, jelasnya.

Psikolog Syahrul, M.Psi juga menjabarkan 16 karakter yang dijelaskan Wakil Rektor IV UMI, sebagai bagian dari upaya UMI memberikan Pendidikan karakter melalui pencerahan qalbu kepada mahasiswa UMI.

Tentu hal ini menjadi sangat bermanfaat, bukan hanya bagi mahasiswa di Padanglampe, tetapi juga bagi seluruh sivitas akademika UMI dan umat.

Demikian pula Kabid Tahfiz, Ahmad, M.Pd.I mengapresiasi kegiatan ini, dan ia senantiasa melihat kitab asli dari Hadis atau penjelasan ulama dalam melihat dan mendiskusikan topik yang dibahas di dalam pesantren Ramadhan virtual ini, sebutnya.

Host Dr.M.Ishaq Shamad juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh narasumber, terutama partisipan yang senantiasa hadir untuk sharing dan diskusi tentang berbagai hal, sehingga menambah khazanah keilmuan keislaman kita untuk juga dishare kepada umat, baik melalui ceramah, maupun melalui berbagai media online lainnya.

Demikian pula Host Dr.Nurjannah Abna menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada semua elemen atas partisipasi aktifnya. InsyaAllah dalam waktu dekat bisa berkumpul untuk membicarakan tindak lanjut dari kegiatan ini,