Kajian Ramadhan Virtual UPT PKD UMI Bahas Keutamaan Alquran

  • Whatsapp
Kajian Ramadhan Virtual UPT PKD UMI Bahas Keutamaan Alquran

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Kajian Ramadhan Virtual Jelang Dhuhur Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karakter dan Dakwah UMI berlangsung virtual via zoom, Selasa (04/5) dengan narasumber Ustadz Bambang Sampurno S.Pdi.,M.Pdi.

Hadir Ketua UPT PKD UMI, Dr.M.Ishaq Shamad, para Kabid UPT PKD UMI, Staf/ Karyawan sejumlah mahasiswa UMI, dipandu Syarifah Hafsah, SS.

Bacaan Lainnya

Syarifah Hafsah saat kata-kata pengantar mengatakan, tiga cara berinteraksi dengan Al-Qur’an, dengan membaca Al-Qur’an, tilawah membaca untuk memahami isinya, dan mengamalkan Al-Qur’an merupakan puncak kemuliaan seseorang yang mampu mengamalkannya.

Ustadz Bambang menjelaskan, pahala membaca Al-Qur’an akan bertambah jika kita mampu membaca sebanyak-banyaknya.

Dalam sebuah Hadis yang menerangkan, jika seseorang membaca 1 huruf Al-Qur’an maka akan mendapatkan 1 kebaikan, dan 1 kebaikan tersebut akan berlipat menjadi 10 kebaikan lagi.

Adapun keutamaan membaca Al-Quran, antara lain: Pahala yang berlipat ganda, dengan membaca Al-Qur’an akan menjadi obat dari penyakit hati & penyakit fisik.

Membaca Al-Qur’an dalam rumah akan membuat rumah bercahaya dan lebih damai, serta membaca Al-Qur’an akan menjadi perisai yang melindungi kita dari setan.

Selanjutnya, 2 waktu pilihan dalam membaca Al-Qur’an: Dalam shalat (memperpanjang durasi membaca Al- Qur’an dalam shalat lebih baik dan utama daripada memperpanjang durasi sujud & rukun-rukun shalat lainnya).

Selain itu, juga di luar shalat (membaca Al-Qur’an dan memanfaatkan malam-malam kita untuk beribadah kepada
Allah akan meningkatkan derajat kita & menjadi safaat kita di yaumul akhir).

Selanjutnya, Ustad Syahrul menjelaskan secara Psikologi dalam penelitian menyebutkan, hampir 80% kesembuhan seseorang berasal dari kekuatan zikir dan dukungan keluarga.

Dr. Ishaq Shamad menambahkan, bukan hanya sekadar membaca Al-Qur’an tapi mari kita juga memahami artinya. Seperti contoh Imam masjid di Mekah setiap memimpin shalat terlihat menangis ketika membaca bacaan Al-Qur’an dalam shalat. Itu terjadi, karena ia tahu arti setiap bacaan yang dilantunkan.

Syarifah Hafsah menambahkan, ada sebuah Hadis yang menyatakan barang siapa yang membaca Al-Qur’an di rumah-rumah mereka, maka penduduk langit melihatnya seperti bintang-bintang, sebagaimana penduduk bumi melihat bintang-bintang di langit, tutupnya. (rls).