MAKASSAR CITY

172 Santri Pendidikan Diniyah Formal di Sulsel Siap ikuti Ujian Nasional

172 Santri Pendidikan Diniyah Formal di Sulsel Siap ikuti Ujian Nasional

Makassar, Upeks.co.id–Imtihan Wathani atau Ujian Nasional bagi santri tingkat akhir Pendidikan Diniyah Formal (PDF) diseluruh Indonesia siap dilaksanakan oleh Direktorat Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren Kementerian Agama RI secara serentak 08-10 Maret mendatang.

Demikian halnya bagi Sulawesi Selatan yang memiliki 5 lembaga PDF diwilayah kerja Bidang PD. Pontren Kanwil Kemenag Sulsel, sebanyak 172 santri telah diyatakan siap untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini.

Memberi keterangan, Kepala Seksi PDF dan Ma’had Aly Bid. PD. Pontren Kemenag Sulsel, H. Mujahid Dahlan menyatakan pelaksanaan IW tahun ini mengacu pada Kepdirjen 5343 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Ujian Akhir Pendidikan Diniyah Formal Berstandar Nasional/Itihan Wathoni T.P 1441/1442H.

Penyelenggaraan Imtihan Wathoni dilakukan dengan dua model, yaitu model PBT (Paper Based Test/Tes Tulis) dan CBT (Computer Based Test) dan setiap PDF diberi kebebasan memilih model mana yang akan dipilih dengan melihat kemampuan dan kesiapannya.

172 Santri Pendidikan Diniyah Formal di Sulsel Siap ikuti Ujian Nasional

Menurut Kepala Bidang PD. Pontren, H. Mulyadi, kegiatan ini merupakan alat ukur capaian kompetensi santri yang dilakukan dengan mengacu pada kerangka dasar kurikulum untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar santri.

Meski tetap dilaksanakan, Mulyadi berpesan agar Imtihan Wathoni tetap mengedepankan Protokol Kesehatan.

“Ini juga menjadi salah satu barometer keberhasilan kegiatan IW, disaat lembaga Pendidikan formal lainnya meniadakan Ujian Nasional, PDF tetap melaksanankan, untuk itu mari saling menjaga, jaga pelaksanaannya, jaga lembaga Pendidikan kita sekaligus jaga santri kita dari penyebaran COVID-19,” pesannya.

“Pastikan kembali ke juknis jika terdapat kendala yang secara detail mengatur SIABIDIBA, Siapa mengerjakan apa, Bilamana, dimana dan bagaimana, dan semoga pelaksanaan IW tahun ini berjalan lancar sebagaimana yang kita harapkan,” tutupnya.(rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top