Lanjutkan Perbaikan Ekonomi, Sulsel Perlu Dorong Sektor Konsumsi Ini

  • Whatsapp
Lanjutkan Perbaikan Ekonomi, Sulsel Perlu Dorong Sektor Konsumsi Ini

MAKASSAR, UPEKS.co.id— Kepala KPw Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulsel, Budi Hanoto memaparkan perkembangan dan prospek perekonomian di Sulsel sepanjang 2021.

Data BI Sulsel menyebutkan, pada triwulan IV 2020, perekonomian Sulsel mengalami perbaikan, meskipun masih dalam fase kontraksi yakni sebesar -0,62% (yoy). Angka tersebut tidak sedalam kontraksi pada triwulan sebelumnya yang tercatat -1,10% (yoy).

Bacaan Lainnya

Menurut Budi, dengan perkembangan yang terjadi saat ini, pihaknya memproyeksikan perbaikan ekonomi Sulsel akan berlanjut pada tahun 2021 ini, dan akan mulai terlihat pada triwulan pertama.

“Melihat beberapa indikatornya, saya berani mengatakan bahwa ekonomi Sulsel akan melanjutkan perbaikan tahun ini. Salah satunya karena faktor perkembangan vaksin, serta kinerja ekspor dan impor,” kata Budi saat bertemu sejumlah media di Makassar, Selasa (9/2/2021).

Budi juga menegaskan bahwa untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi, butuh kerja keras semua pihak, termasuk sinergi dengan sejumlah pemangku kepentingan.

“Sulsel ini memiliki potensi besar, karena selama ini selalu tumbuh di atas nasional. Meski triwulan akhir 2020 negatif, tetapi kita tetap di atas nasional,” ujar Budi.

Ia juga menyampaikan catatan beberapa sektor yang perlu didorong dalam rangka melanjutkan perbaikan perekonomian. “Beberapa sumber pertumbuhan kita sudah cukup bagus, hanya pekerjaan rumah kita sekarang memperbaiki sektor konsumsi, baik rumah tangga maupun pemerintah,” katanya.

Budi menambahkan, untuk intermediasi sektor perbankan di Sulsel juga cukup terjaga. Kemudian inflasi masih pada level terkendali. (eky)

Pos terkait