ANEKA

Dinas Perkimtan Enrekang, Anggarkan Rp192,5 Juta Untuk Perbaikan 11 RTLH

Dinas Perkimtan Enrekang, Anggarkan Rp192,5 Juta Untuk Perbaikan 11 RTLH

ENREKANG, UPEKS.co.id — Tahun 2021 terdapat beberapa program Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dinas Perkimtan) Kabupaten Enrekang. Kadis Perkimtan DR. IR, Sulviah Dahaling, ST,. MM menjelaskan, salah satu program tersebut adalah melakukan perbaikan pada sejumlah rumah tidak layak huni (RTLH) yang ada di Kabupaten Enrekang

Dia mengatakan Tahun 2021 ada 11 rumah dengan Anggaran yang sama seperti tahun lalu yakni Rp 192,5 juta dan sasarannya adalah masyarakat yang berpenghasilan rendah, Anggaran bersumber dari APBD 2021.

Program perbaikan RTLH pada tahun 2020 lalu berjumlah 11 titik dan dilaksanakan pada satu tempat di Desa Sumillan,Kecamatan Alla dengan total anggaran yang sama.

“Tahun 2021 ini kita juga siapkan anggaran sama tahun lalu senilai Rp 192,5 juta di 11 titik RTLH, jadi masing- masing RTLH itu nantinya akan dapat Rp 17,5 juta per titik,” kata Sulviah, Selasa (9/2/2021).

Namun untuk tahun ini, Sulviah belum menentukan dimana titik yang akan mendapatkan perbaikan RTLH. Yang jelas sasaran program ini adalah rumah yang betul-betul mendesak untuk diperbaiki dan layak dapatkan program itu.

“Ini usulan dari desa tapi harus disurvey karena jangan sampai ada yang sudah meninggal dan rumahnya sudah baik, atau sudah dapat bantuan dari pihak lain, makanya kita survey untuk pastikan,” ujarnya.

Sulviah berharap dari program itu dapat menekan jumah RTLH di Kabupaten Enrekang.

Sehingga semua rumah di Kabupaten Enrekang beberapa tahun mendatang sudah tidak ada lagi yang tak layak huni.

Selain mengalokasikan lewat APBD, pihaknya juga telah mengusulkan perbaikan 3.000 RTLH ke Kementrian PUPR untuk tahun ini.

Sementara jumlah RTLH di Kabupaten Enrekang sendiri mencapai sekitar 5.000 unit.

“Kita sudah usulkan ke Kementrian PUPR perbaikan 3.000 RTLH tahun ini, semoga saja terealisasi,” tuturnya.

Untuk tahun 2019 sendiri telah terealisasi perbaikan 600 RTLH bantuan dari Kementrian PUPR, sementara tahun 2020 lalu tidak ada bantuan RTLH karena Covid-19.(Sry).

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top