Dinkes Majene Siapkan Gudang Farmasi Penyimpanan Vaksin Covid-19

  • Whatsapp
Dinkes Majene Siapkan Gudang Farmasi Penyimpanan Vaksin Covid-19

Dinkes Majene Siapkan Gudang Farmasi Penyimpanan Vaksin Covid-19

MAJENE, UPEKS.co.id—Pemerintah Kabupaten Majene, sudah menyiapkan gudang farmasi milik Dinas  Kesehatan, sebagai tempat untuk penyimpanan Vaksin Covid-19 yang saat ini sudah mulaai didistribusikan  Pemerintah Pusat.

Bacaan Lainnya

Kepala Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Majene, Nur Ekawati menyebutkan, Vaksin Covid-19  diperkirakan tiba di Mamuju, Sulawesi Barat antara 5 hingga 6 Januari 2021, gudang farmasi Majene siap untuk  tempat penyimpanan.

“Sejauh ini kita sudah mempersiapkan sebaik mungkin. Alhamdulillah di gudang farmasi ini sejak tahun 2016 kita  sudah punya cool room dan cool chain, dan bisa menampung kapasitas 10.000 hingga 20.000 dosis vaksin covid-19,” sebut Nur Ekawati ditemui di ruang kerjanya, Senin (4/1/2021)).

Menurut Nur Ekawaty, cool room dan cool chain ini merupakan alat khusus yang dirancang untuk menyimpan  Vaksin dengan suhu tertentu, yakni antara 2 hingga 8 derajat celcius, jadi aman untuk menyimpan vaksin.

“Artinya memang untuk alat itu sudah sesuai standar dan suhu penyimpanannya juga standar. Kami juga telah  melakukan pengecekan ruangan untuk verifikasi dan validasi, apakah alat itu masih baik atau tidak,” ungkapnya.

Nur Eka juga mengatakan, Selain kesiapan ruangan, kesiapan lainnya dalam hali ini sebagai pimpinan IFK sudah  mengikuti pelatihan Training Of Trainer (TOT) terkait vaksin dan beberapa anggota pengelola program imunisasi juga telah mengikuti Pelatihan TOT juga.

“Untuk distribusi sendiri masih menunggu informasi lebih lanjut, sementara terkait pengamanannya, nanti akan  tetap ada kerjasama dengan Satuan Tugas (Satgas) covid-19, jadi khusus untuk bagian pengamanan akan  koordinasi dengan Satgas,”ujarnya.

Eka menambahkan, untuk target vaksinasi nantinya sekitar 70 persen dari populasi jumlah penduduk. Dan  informasi awal, jatah vaksin untuk Sulbar sekitar 10.960 dosis untuk tahap pertama dan jatah Majene sendiri belum  diketahui.

“Vaksin sendiri merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam hal penanganan penularan covid-19, termasuk di  Majene,”pungkasnya.(Alim).

Pos terkait