ANEKA

FGD BPS, Kadis Kominfo Paparkan Peran Diskominfo Dalam Penyebarluasan Informasi

FGD BPS, Kadis Kominfo Paparkan Peran Diskominfo Dalam Penyebarluasan Informasi

LUTIM.UPEKS.co.id—Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Luwu Timur menggelar Focus Group Discussion  (FGD) dengan tema Luwu Timur Dalam Angka, acara ini dibuka Sekretaris Daerah, H. Bahri Suli didampingi  Kepala BPS, Muchlis, di Gedung Wanita Simpurusiang, Kamis (17/12/2020).

Narasumber, Kepala Dinas Kominfo Lutim, Masdin dan Mujahid Saleh sebagai Fungsional Perencana mewakili  Kepala Bapelitbangda Lutim.

Dalam pemaparannya terkait strategi penyedia data statistik sektoral Lutim, Kepala Dinas Kominfo Lutim, Masdin  menjelaskan, ada beberapa tugas yang menjadi tanggungjawab Diskominfo yang tentu berbeda dengan bagian  statistik dan persandian.

Menurut Masdin, ada beberapa hal yang jadi tugas Diskominfo, antara lain ; menyediakan informasi publik  Pemerintah daerah, penyelenggaraan komunikasi publik resmi Pemerintah daerah, pengelolaan penyelesaian  sengketa informasi publik di daerah, Penjaminan kedaulatan informasi Pemerintah daerah.

Selain itu peningkatan efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan Pemerintahan daerah melalui pemanfaatan  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan peningkatan kualitas layanan publik Pemerintah daerah melalui  pemanfaatan Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) e-government.

Sedangkan untuk statistik sektoral, lanjut Masdin, diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya, secara mandiri atau melalui kerja sama, dimana statistik mampu menjamin secara ketat  kerahasiaan informasi individu dan sumbernya.

“Penyelenggaraan statistik berpedoman pada ketentuan peraturan Perundang-undangan dan Koordinasi dalam  penyelenggaraan statistik untuk mewujudkan sistem statistik yang konsisten, efisien, dan efektif,” jelas Masdin.

Sementara itu, Fungsional Perencana, Mujahid Saleh mengatakan, data dalam siklus pembangunan berperan  penting sebagai analisis permasalahan dalam penyusunan kebijakan rencana pembangunan, penetapan  indikator-indikator pembangunan dan evaluasi hasil pencapaian.

“Siklus penyusunan perencanaan pembangunan membutuhkan data yang berkualitas,” kunci Mujahid. (hms/rls).

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top