MAKASSAR CITY

Program JKN-KIS, Solusi Pasti Bagi Seluruh Penduduk Indonesia

Program JKN-KIS, Solusi Pasti Bagi Seluruh Penduduk Indonesia

Palopo, Upeks.co.id – Banyak masyarakat kini mengakui manfaat dari Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), karena sudah banyak membantu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Seperti halnya Abd. Razak (33), salah satu peserta dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) swasta. Ia mengakui keluarganya sangat terbantu dengan adanya Program JKN-KIS.

“Walaupun saya sendiri belum pernah menggunakan fasilitas dari Program JKN-KIS, namun istri saya sudah menggunakan fasilitas dari program ini saat harus dirawat di RS Mega Buana Palopo. Dari pengalamannya yang juga saya saksikan sendiri, program ini sangat membantu kami. Pelayanan yang diberikan rumah sakit pun cukup memuaskan,” ungkap Razak, Selasa (24/11).

Razak menjelaskan bahwa selama menjadi peserta JKN-KIS keluarganya mendapat perawatan yang sangat baik di rumah sakit. Semua tahapan perawatan mulai dari masuk sampai dengan selesai diberikan sesuai SOP yang berlaku. Dirinya beserta anggota keluarga yang terdaftar di kelas II sama sekali tidak merasakan ada yang dibedakan dengan oeserta umum.

Program JKN-KIS, Solusi Pasti Bagi Seluruh Penduduk Indonesia

Razak pun mengungkapkan bahwa komentar negatif masyarakat mengenai Program JKN-KIS yang memiliki prosedur pelayanan yang ribet atau berbelit-belit adalah salah, karena menurutnya Program JKN-KIS itu terbilang mudah dimanfaatkan jika peserta mengikuti alur atau prosedur yang telah ditentukan.

“Tidak semua orang mengerti bahwa menggunakan kartu JKN-KIS ini sangatlah mudah, karena mereka tidak mematuhi alur yang berlaku. Semuanya mudah asalkan kartu kita aktif dan sesuai prosedur maka tidak akan ada masalah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan baik di puskesmas, dokter keluarga maupun rumah sakit,” tambah Razak.

Menutup perbincangan dengan tim Jamkesnews, Razak mengucapkan terima kasih kepada Program JKN-KIS karena sudah melindungi keluarganya melalui pelayanan kesehatan saat dibutuhkan dan tanpa biaya yang harus dikeluarkan sepeser pun.

“Saya berharap semoga lebih banyak lagi masyarakat Indonesia yang bisa merasakan manfaat Program JKN-KIS, dan sangat disayangkan jika masih ada yang menyebutkan kalau program ini tidak menyelesaikan masalah dan hanya mempersulit. Justru menurut saya Program JKN-KIS merupakan solusi pasti saat peserta JKN-KIS membutuhkan pelayanan kesehatan,” ucap Razak. (Jamkesnews )

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top