Jangan Lengah, Selalu Terapkan 3M

  • Whatsapp
Jangan Lengah, Selalu Terapkan 3M
H Mukhtar Arifuddin (kiri), Swartika Paembonan (tengah)
Dari FGD Berbagi Pengalaman Penyintas Covid-19
Jangan Lengah, Selalu Terapkan 3M
H Mukhtar Arifuddin (kiri), Swartika Paembonan (tengah)

Makassar, Upeks–Jangan menganggap remeh 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak). Menerapkan 3M sangat efektif dalam mencegah penularan Covid-19.

Demikian terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Harian Ujungpandang Ekspres, Kamis (19/11/2020) yang menghadirkan Penyintas Covid-19 Mukhtar Arifuddin (59) dan Swartika Paembonan (30).

Bacaan Lainnya

“Saya ingin mengingatkan teman-teman, jangan anggap remeh pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Karena memang itu yang paling efektif. Jangan sampai seperti saya yang sudah Pernah merasakan bagaimana tidal enaknya terkena Covid-19,” ujar Mukhtar.

Menurutnya, saat ini tidak usah dulu berfikir soal vaksin, yang penting dilakukan adakah bagaimana patuh pada protokol kesehatan.

“Saya ingin berbagi pengalaman, saat sakit waktu itu, di kepala saya benar-benar sudah tawakkal kepada Allah SWT. Soalnya penyakit ini tidak ada obatnya,” kata Mukhtar lagi.

Dia sendiri mengaku saat sakit sudah merasakan gejala yang agak berat, dimana dada terasa sesak dan sulit bernafas.

Mukhtar sendiri sempat dirawat selam dua pekan di RS Sayang Rakyat. Selama awal perawatan, dia bernafas menggunakan alarm bantu pernafasan.

“Saya ingat diinfus. Saya waktu itu sempat masuk ruang ICU Lalu dipindahkan ke ruang perawatan,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Swartika. Dia juga divonis positif mengidap Covid-19 namun dengan gejala yang masih ringan.

“Waktu itu Saya inisiatif test swab karena saya Tak bisa mencium aroma dan lidah tak merasakan apa-apa. Rasanya semua makan hambar,” katanya.

Karena khawatir, dia pun langsung melakukan test swab. Hasilnya dua Hari lemurian diketahui dan mengharuskan dia untuk karantina di hotel yang disiapkan Pemprov Sulsel. (a)

Pos terkait