Cegah Covid-19, Pasar Maricaya Dikukuhkan Sebagai Pasar Sehat

Cegah Covid-19, Pasar Maricaya Dikukuhkan Sebagai Pasar Sehat

Cegah Covid-19, Pasar Maricaya Dikukuhkan Sebagai Pasar Sehat

Makassar, Upeks–Pasar Maricaya baru-baru ini dinobatkan sebagai Pasar Sehat. Bukan tanpa alasan, di Pasar tersebut sejak Pandemi mewabah, pasar ini sudah terbukti banyak menerapkan protokol Kesehatan.

Bacaan Lainnya

Bahkan jauh sebelum Covid-19, pasar yang terletak di Jl Veteran Selatan, Kelurahan Maricaya, Kecamatan Makassar ini memiliki ruang pemeriksaan kesehatan, lokasi dagangan yang tertata dan bersih.

 

Kepala Unit Pasar Maricaya, Arsyad, baru-baru melaporka, pasar binaannya dikunjungi oleh pihak Kementrian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kota Makassar.

 

“Alhamdulillah ada kunjungan dari Kementrian Kesehatan, drg. Dyah Erti Mustawati beserta Dinas Kesehatan Provinsi dan kota,” ujarnya.

 

Arsyad menyebutkan kunjungan tersebut guna memeriksa penerapan protokol kesehatan di Pasar Maricaya.

 

“Beliau (Dyah Erti) datang memeriksa kondisi kebersihan pasar, tempat cuci tangan, dan pemantauan jaga jarak, serta pengunaan masker dikalangan pedagang dan pengunjung, serta memeriksa ruangan kesehatan, dan kebersihan kantor unit dan area pasar,” jelas Arsyad.

 

Sementara itu Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, drg Dyah Erti Mustawati mengatakan. Protokol kesehatan perlu ditingkatkan terutama bagi pengunjung pasar sedangkan untuk pedagang sudah ada peningkatan.

 

“Alhamdulillah kami sangat mengapresiasi dengan adanya penerapan kesehatan ini. Fasilitas kesehatannya cukup memadai,” pungkasnya.

 

Secara terpisah, Direktur Operasional PD Pasar, Saharuddin Ridwan mengatakan, Pasar Maricaya menjadi salah satu lokus penilaian oleh Pemerintah Pusat sebagai pasar sehat dan lokasi penilaian Adipura sejak 5 tahun lalu. (a)

Pos terkait